Cegah Penyakit Jantung dengan Minyak Zaitun!

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh yang paling menakutkan di dunia! Namun, mulai saat ini Anda bisa mencegahnya dengan langkah yang cukup mudah.

Para ilmuwan Spanyol telah memastikan bahwa mengonsumsi minyak zaitun bisa berdampak baik bagi jantung Anda.

Menurut penelitian yang dikutip Zeenews, mengonsumsi hanya dua sendok makan minyak zaitun bisa mengurangi setengah risiko kematian akibat penyakit jantung. Kesetaraan satu sendok makan itu bisa memotong risiko penyakit jantung sekitar 28 persen.

Hasil penelitian tersebut didasarkan pada pola makan hampir 41.000 orang dewasa di European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition, yang dimulai 20 tahun lalu. Penelitian, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan minyak zaitun tidak mengurangi kematian akibat kanker, namun ada dampak pengurangan yang besar terhadap angka kematian akibat penyakit jantung.

Para ahli di Inggris berpendapat, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minyak zaitun, memainkan peran lebih besar dalam mencegah penyakit jantung ketimbang stroke. “Temuan ini sangat signifikan. Ini adalah konfirmasi bahwa minyak zaitun baik untuk jantung,” kata Dr. Charles Knight dari British Cardiovascular Society.

Mereka yang berhasil mengonsumsi 29 gram atau lebih per harinya (lebih dari dua sendok makan) bisa mengalami penurunan 44 persen risiko meninggal akibat jantung.

Minyak zaitun tercatat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mungkin mengurangi risiko pembekuan. Minyak zaitun banyak ditemukan pada diet mediterania yang kaya akan ikan, buah dan sayuran. (jay)

BACA JUGA : 4 Makanan Pengikis Kesehatan Tulang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes