Cegah Penyakit Jantung dengan Semangka

Menurut penelitian terbaru di AS, mengonsumsi sepotong semangka setiap hari bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya. Tak hanya itu, semangka juga bisa membantu dalam mengendalikan berat badan.

Seperti dikutip Dailymail.co.uk, para ilmuwan melakukan penelitian tersebut pada tikus yang diberi makanan tinggi lemak. Hasilnya, buah semangka berhasil mengurangi setengah tingkat lipoprotein low-density “buruk”, atau LDL, yang diakumulasi.

LDL adalah bentuk kolesterol yang menyebabkan penyumbatan arteri dan penyakit jantung. Para peneliti dari Purdue University, AS, juga mengamati bahwa mengonsumsi semangka secara teratur membantu mengontrol berat badan dan mengurangi lebih sedikit timbunan di dalam pembuluh darah.

Para peneliti percaya bahwa rahasia dibalik manfaat kesehatan dari semangka terletak di citrulline, bahan kimia yang ditemukan dalam jus.

Meski penelitian terbaru ini tidak menunjukkan adanya efek yang signifikan pada tekanan darah, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa semangka memiliki manfaat kesehatan yang kuat pada faktor risiko jantung lainnya.

Di Inggris, sekitar 270.000 orang per tahun menderita serangan jantung dan hampir satu dari tiga orang meninggal dunia sebelum mereka sempat dilarikan ke rumah sakit. (jay)

BACA JUGA : Tubuh Gemuk Banyak Penyakit?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes