Cegah Pikun dengan Rajin Membaca & Menulis

Meski terkesan sepele, aktivitas membaca dan menulis ternyata memiliki manfaat kesehatan yang cukup besar bagi orang yang melakukannya.

Cegah-Pikun-dengan-Rajin-Membaca-&-Menulis

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Neurology beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa kegiatan membaca dan menulis dapat melibatkan peran serta otak dan membantu seseorang terhindar dari gangguan memori.

Membaca dan menulis ibarat pisau yang diasah terus menerus sehingga menghasilkan mata pisau yang tajam.

Untuk memastikan hal ini, peneliti mengumpulkan lebih dari 200 orang lanjut usia. Mereka diberi tes memori dan ditanya bagaimana aktivitas membaca dan menulis mereka sepanjang minggu.

Dari hasil tersebut diketahui bahwa para lansia yang gemar membaca dan menulis lebih lambat mengembangkan penyakit demensia ketimbang mereka yang jarang membaca dan menulis.

Seperti dikutip CBS News, Robert S. Wilson neuropsikolog senior dari Rush Alzheimer Disease Center di Rush University Medical Center Chicago, mengatakan, “Studi kami menunjukkan bahwa melatih otak dengan mengambil bagian melalui kegiatan seperti ini (membaca & menulis.red) di seluruh umur hidup seseorang, dari masa kanak-kanak sampai usia tua, penting untuk kesehatan otak di usia tua.”

Lebih detil peneliti menjelaskan bahwa aktivitas membaca dan menulis dapat memperlambat penurunan memori sebanyak 32 persen. Sedangkan mereka yang jarang melakukan aktivitas tersebut lebih mungkin mengalami penurunan memori sebesar 48 persen. (dan)

BACA JUGA : Kurangi Porsi Makan bisa Perpanjang Usia

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes