Cek Kesehatan Mata Anda dengan Aplikasi Smartphone

Para peneliti telah berhasil menciptakan temuan baru, sebuah aplikasi iPhone untuk mendeteksi gangguan mata. Dengan menggunakan sistem smartphone iExaminer dan iPhone, aplikasi ini telah diuji coba terhadap 28 pasien dengan beragam kondisi saraf retina dan optik.

cek-kesehatan-mata

Hasilnya, melalui aplikasi ini keadaan mata masing-masing pasien dapat terdokumentasikan melalui foto dan video dengan jelas. Sistem ini terdiri dari Optalmoskop Panopatic (instrument menyala untuk memeriksa bagian dalam mata) dan adaptor yang melekat pada oftalmoskop.

Aplikasi ini dapat mengunci gambar dari bagian belakang mata dalam satu tampilan tanpa harus membutuhkan tetes dilatasi. Sehingga, dapat digunakan untuk penangkapan, penyimpanan, dan transfer data. Dengan menggunakan teknologi tele-medicine, aplikasi ini dipastikan tidak melanggar privasi dari pengguna. Hal ini dikarenakan, tidak ada fitur wajah luar yang terungkap. Aplikasi ini dapat berguna tidak hanya untuk dokter mata, namun juga dapat berguna bagi dokter umum ataupun untuk tindakan paramedis bagi rumah sakit.

Teknologi canggih tersebut bisa menangkap foto dan video dari bagian belakang mata melalui pupil undilated. Dengan begitu, gambar hasil tangkapan mata pasien dengan cepat dapat dikonsultasikan ke dokter.

Temuan ini kiranya telah membuktikan bahwasanya fotografi memainkan peran penting dalam mengidentifikasi perkembangan penyakit pada mata. Apakah Anda tertarik untuk mencoba? (gie)

BACA JUGA: 4 Penyebab Perut Buncit yang Tidak Pernah Anda Duga

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes