mencegah kanker

CERDIK, Upaya Untuk Mencegah Kanker

Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Prof. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), mengatakan bahwa gaya hidup sehat dapat menjauhkan seseorang dari risiko kanker.

mencegah kanker

“Jika kita menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) maka resiko atau kemungkinan untuk terserang kanker akan berkurang,” kata Menkes usai peringatan Hari Kanker Sedunia seperti dikutip dari AntaraNews.com, Kamis (05/02).

Penerapan pola hidup sehat tersebut seperti berhenti kebiasaan merokok, hindari menjadi perokok pasif, hindari alkohol, cegah obesitas, rajin olahraga, serta pola makan yang sehat.

“Untuk memudahkan, ingatlah kata CERDIK menjauhkan diri dari kanker,” tambah Menkes.

CERDIK sendiri merupakan kepanjangan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Instirahat cukup, dan Kelola stres.

Kanker sendiri memang masih menjadi masalah kesehatan yang belum terselesaikan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, kanker menjadi peringkat ketujuh kematian di Indonesia dengan prevalensi 1,4 per 1.000 penduduk. (ctr)

BACA JUGA: Jogging Terlalu Berat Bisa Mengurangi Harapan Hidup

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes