membentuk otot perut

Cermat Memilih Sumber Karbohidrat Langsingkan Tubuh Lebih Cepat

Mengurangi asupan makanan tertentu adalah cara yang paling banyak ditempuh untuk menurunkan berat badan. Namun masih banyak yang bingung saat menentukan pilihan, asupan karbohidrat ataukah lemak yang harus dipangkas?

memilih-karbohidrat-sehat

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa mengurangi asupan karbohidrat lebih efektif untuk menurunakn berat badan.

Studi yang dilakukan tim peneliti dari Tulane University tersebut mengajak 148 pria dan wanita obesitas tanpa risiko penyakit serius seperti jantung dan diabetes untuk mengikuti diet rendah karbohidrat atau rendah lemak.

12 bulan berikutnya partisipan yang melakukan diet rendah karbohidrat diketahui turun berat badan 3,5 kg lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mengurangi lemak. Plus, massa lemak dan risiko kardivaskular yang semakin berkurang.

Diet rendah karbohidrat bukan berarti memangkas karbohidrat secara besar-besaran karena karbohidrat adalah sumber energi tubuh. Dalam studi tersebut peneliti menganjurkan agar partisipan mengurangi asupan karbohidrat sebanyak 40 gram dari jumlah yang biasa dikonsumsi.

Lydia A. Bazzano, M.D., Ph.D, profesor dan nutrisionis dari Tulane University menambahkan, ada cara yang lebih bijaksana dalam mengasup karbohidrat yakni dengan memperhatikan sumber karbohidrat yang dikonsumsi.

“Jika karbohidrat yang Anda dapatkan sumbernya dari sayur dan buah dibandingkan dengan nasi atau roti, maka penurunan berat badan beserta peningkatan kesehatan kardiovaskular akan didapat lebih cepat,” imbuhnya. (dan)

BACA JUGA : CHEATING DAY SAAT DIET BANTU LANGSINGKAN TUBUH

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes