cuaca dingin bisa membantu menurunkan berat badan

Cuaca Dingin Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar gembira buat Anda yang saat ini sedang berusaha menurunkan berat badan. Musim hujan yang menjadi penyebab banjir kota-kota besar di Indonesia ternyata juga membawa dampak positif bagi tubuh kita.

cuaca dingin bisa membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi menyebutkan bahwa cuaca dingin (yang terjadi saat musim hujan) dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Kok bisa?

Dengan bukti yang didapatkan selama penelitian, para peneliti percaya bahwa suhu dingin dapat membakar kalori tubuh lebih banyak. Sedangkan suhu yang lebih hangat seperti di dalam kantor atau di dalam rumah berpotensi menambah berat badan karena kalori yang dibakar lebih sedikit.

“ Banyak dari kita memilih beraktivitas di dalam ruangan saat musim dingin tiba. Padahal aktivitas di luar bisa membakar kalori lebih banyak,” terang Dr Wouter van Marken Lichtenbelt dari Maastricht University Medical Centre seperti dikutip Daily Mail.

Dr Wouter menambahkan, tubuh usia dewasa muda dan setengah baya akan memproduksi panas tubuh dengan membakar sekitar 30 persen kalori untuk merespon hawa dingin, sehingga tubuh akan tetap hangat.

Hasil senada juga ditemukan ilmuwan Jepang. Partisipan yang diminta untuk beraktivitas di luar ruangan (pada suhu 17 derajat celcius) dua jam perhari selama enam minggu berhasil mengalami penurunan kadar lemak tubuh.

“Orang-orang harus membiasakan diri dengan cuaca dingin di luar. Dalam waktu 10 hari, kemampuan tubuh untuk menghangatkan diri akan meningkat. Artinya lebih banyak kalori yang dibakar dan tubuh tidak mudah menggigil saat berada dalam cuaca dingin,” tutup Dr Wouter. (dan)

BACA JUGA : 4 Olahraga yang Cepat Membakar Lemak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes