menurunkan berat badan

Cuaca Dingin Dapat Menurunkan Berat Badan?

Menurutkan berat badan memang tidak mudah dan butuh perjuangan. Namun, cuaca dingin ternyata dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Benarkah?

menurunkan berat badan

Pada tubuh manusia teradapat dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih sering dikaitkan dengan penyerapan kalori dan menyimpan lemak, ini bisa membuat perut buncit hingga obesitas (kelebihan berat badan).

Sementara itu, lemak coklat dapat menghasilkan panas tubuh serta membakar kalori. Pada bayi, lemak coklat menjaga tubuh mereka tetap hangat. Sementara pada orang dewasa, lemak coklat biasanya banyak dimiliki oleh orang yang lebih ramping.

Peneliti dari University of California, Hei Sook Sul menunjukkan bahwa protein yang disebut Zfp516 mampu mengkoversi lemak putih menjadi seperti lemak coklat. Dengan begitu, 90 persen lemak putih yang dimiliki oleh orang dewasa, dapat dirubah menjadi lemak coklat yang tentunya mungkin memberikan dampak besar pada berat badan.

Dikutip dari DailyMail, Senin (12/01), temuan yang paling penting adalah bahwa cuaca dingin dapat mengubah metabolisme tubuh. Dengan banyaknya protein Zfp516, maka lemak putih dapat berubah menjadi lemak coklat untuk membakar kalori.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Cell menyebutkan, terkena suhu dingin secara teratur dapat menambah komposisi lemak coklat. Selain itu, pada percobaan juga menemukan bahwa Zfp516 membantu memproses gula yang menjadi faktor diabetes. (ctr)

BACA JUGA: Berat Badan Rendah Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes