Cukup 2 Menit Jalan Kaki Bisa Kurangi Risiko Diabetes Lho!

Berjalan atau bangun dari tempat duduk selama 2 menit setiap 30 menit sekali ternyata bisa mengurangi terkena risiko diabetes. Bahkan 2 menit berjalan sebelum kembali duduk lebih efektif mencegah diabetes daripada berjalan selama 30 menit sebelum bekerja.

Menurut yayasan amal Charity Diabetes UK, saat ini penderita diabetes tipe-2 telah mencapai angka 2,5 juta orang dan akan meningkat menjadi 4 juta orang pada tahun 2025 jika kita tidak cepat menemukan cara mencegah penyakit tersebut.

Cukup 2 Menit Jalan Kaki Bisa Kurangi Risiko Diabetes Lho!

Diabetes terjadi ketika tubuh kehilangan kemampuannya memanfaatkan glukosa (sejenis gula yang dilepaskan tubuh ketika makan dan berubah menjadi sumber energi yang digunakan oleh otot). Gejala awal diabetes diantaranya adalah seperti sering merasa haus dan selalu buang air kecil yang disebabkan oleh efek dari glukosa terakumulasi dalam darah.

Parahnya lagi, penyakit diabetes tipe-2 ini dapat menjadi penyebab utama penyakit mematikan lainnya seperti serangan jantung dan stroke. Naiknya tingkat obesitas dan kurang berolahraga menjadi salah satu penyebab diabetes dan akan menjadi masalah besar di kemudian hari.

Namun temuan baru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Otago di Selandia Baru, telah menunjukkan bahwa berjalan singkat bisa untuk menurunkan tingkat risiko terkena diabetes.

Para peneliti mengundang 70 orang dewasa sehat untuk ikut serta dalam penelitian tersebut. mereka dipersilahkan duduk selama 9 jam, dan diberi pilihan makanan apapun yang mereka suka atau yang sering mereka konsumsi, lalu kadar glukosa dan kadar insulin mereka diukur setiap kali sehabis makan dan minum setelah 1 jam, 4 jam, dan 7 jam. Tes ini disebut postprandial untuk mengetahui seberapa baik tubuh menyerap gula dari makanan.

Pada tahap kedua, mereka diminta untuk berjalan cepat selama 30 menit sebelum duduk selama 9 jam. Setelah mereka duduk selama 9 jam, mereka kembali diminta berjalan kaki namun kali ini hanya selama 1 menit 40 detik setiap duduk 30 menit.

Hasilnya, penelitian menunjukan kadar gula darah postprandial lebih rendah setelah para peserta berjalan singkat diantara waktu duduk daripada ketika para partisipan berjalan 30 menit sebelum duduk atau ketika mereka tidak bergerak sama sekali.

Temuan ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition baru-baru ini.

So fitness mania, mudah bukan membuat tubuh kita tetap sehat? (boy)

BACA JUGA : 9 Kebiasaan Kaum Urban Pemicu Diabetes

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes