Cukup 5 Menit Selamatkan Jantung Anda

Menyehatkan jantung tidak butuh waktu lama. Cukup luangkan 5 menit agar jantung Anda tetap sehat dan panjang umur.

5-menit-selamatkan-jantung

Sebuah penelitian dari Indiana University menemukan bahwa berjalan-jalan sejenak selama lima menit, setelah berjam-jam duduk di kursi untuk bekerja bisa menyelamatkan jantung Anda. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa orang yang duduk terus saat bekerja dan tidak bergerak sama sekali mengalami penurunan fungsi arteri hingga 50 persen setelah satu jam.

Penurunan ini terus berlanjut jika orang tersebut tetap duduk dan tidak beranjak dari kursinya. Hal ini mungkin terlihat remeh, namun bisa berbahaya. Karena fungsi pembuluh darah yang terus menurun akan memicu masalah pada jantung, seperti dilansir oleh Men’s Health.

Namun jangan khawatir, hal ini bisa dicegah hanya dengan beranjak dan berjalan-jalan selama lima menit setiap jamnya. Partisipan yang melakukan jalan-jalan atau berdiri dari kursi mereka selama lima menit setiap jam diketahui tak mengalami penurunan fungsi arteri, bahkan jika mereka bekerja dalam rentang waktu yang sama.

Duduk terlalu lama tak hanya menyebabkan peredaran darah terganggu, tetapi juga bisa membuat darah pada bagian kaki menjadi lebih kental dan lengket. Ketika ini terjadi, risiko terjadinya peradangan akan semakin tinggi dan menyebabkan masalah pada arteri. Namun dengan berjalan-jalan selama lima menit, Anda akan membantu aliran darah menjadi lebih lancar dan mencegah peningkatan kekentalan darah.

Melakukan kebiasaan ini tidak sulit. Yang Anda perlu lakukan hanya beranjak dan berjalan-jalan santai selama lima menit saja setiap jam saat bekerja. Anda bisa melakukannya sambil ke kamar mandi, mengambil minum, mendatangi kolega untuk mendiskusikan sesuatu, atau lainnya.

BACA JUGA : 5 MANFAAT LOMPAT TALI BAGI TUBUH

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes