tekanan darah normal

Cukup Latihan Semenit Dapat Menormalkan Tekanan Darah

Cukup dengan latihan intens selama tiga menit tiap minggu dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi tekanan darah. Benarkah demikian?

tekanan darah normal

Hasil studi yang dilakukan McMaster University di Ontario ini diterbitkan dalam jurnal PLOS One. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan intens selama semenit dilakukan secara rutin tiga kali tiap minggu, dapat merangsang perubahan fisiologis terkait dengan peningkatan kesehatan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan.

Pada penelitian ini, peserta diminta melakukan pemanasan pada sepeda stasioner selama dua menit. Setelah pemanasan, para peserta bersepeda sekuat yang mereka bisa dalam tiga interval selama 20 detik. Selanjutnya diikuti dengan dua menit mengayuh pelan, sebelum pendinginan selama tiga menit.

Setelah enam minggu, 14 peserta laki-laki dan perempuan yang kelebihan berat badan menunjukkan peningkatan daya tahan mereka sekitar 12 persen, tingkat tekanan darah yang lebih baik, serta aktivitas otot meningkat.

Menariknya, para relawan laki-laki juga secara signifikan meningkatkan kontrol gula darah mereka, tetapi tidak pada peserta perempuan.

Peneliti mengatakan, manfaat yang sama juga bisa didapat selain dengan latihan bersepeda. Berlari naik tangga selama 20 detik, satu menit, atau bahkan berlari kencang dengan lutut lebih tinggi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menormalkan tekanan darah. (dm/ctr)

BACA JUGA: 3 Latihan Penting Untuk Pelari

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes