Cukup Satu Menit dapat Turunkan Berat Badan

Berjalan di tangga kantor atau turun dari bus ternyata menjadi salah satu alternatif cepat untuk menurunkan berat badan daripada latihan panjang di gym. Mengapa demikian?

Sebagian orang berusaha menurunkan berat badan dengan berolahraga berjam-jam di pusat kebugaran saat weekend. Namun menurut para ahli hal tersebut sangat tidak efisien mengingat waktu yang dipakai untuk berolahraga hanya seminggu sekali, lalu bagaimana dengan 6 hari sisanya?

Cukup Satu Menit dapat Turunkan Berat Badan

Para peneliti justru percaya bahwa satu menit olahraga tambahan di hari kerja dapat membantu membakar lemak yang tertimbun di tubuh. Dengan memantau aktivitas 4.500 orang dewasa, para peneliti menemukan bahwa seberapa sering Anda melatih jantung dan paru-paru lebih penting daripada seberapa lama Anda latihan. Para peneliti juga mengklaim bahwa beberapa aktivitas kecil rutin setiap hari memiliki efek yang sama seperti berolahraga dalam durasi lama.

Berjalan di tangga kantor dan berjalan dari tempat parkir adalah beberapa contoh aktivitas kecil yang disebutkan oleh para peneliti.

“Apa yang kita pelajari dari studi ini adalah bahwa untuk mencegah kenaikan berat badan, intensitas aktivitas lebih penting daripada durasi,” ungkap Dr. Jessie Fan, MD., peneliti utama studi ini dari University of Utah, AS.

Dalam studi ini para peserta penelitian mengenakan accelerometer, alat yang secara akurat dapat mengukur gerakan dan aktivitas seseorang. Para peserta juga dicatat nilai BMI yang mereka miliki. Hasilnya para peneliti menyimpulkan bahwa satu menit melakukan aktivitas berintesitas tinggi setiap hari setara dengan pembakaran kalori sebanyak 0,15 kg berat badan, dan dapat menurunkan nilai BMI sebesar 0,07 bagi wanita, serta membantu mengurangi kemungkinan mengalami obesitas sebesar 2% untuk pria dan 5% untuk wanita.

“Temuan ini juga mendukung apa yang sudah kita ketahui tentang hubungan olahraga dan penurunan berat badan yaitu orang dewasa harus melakukan olahraga beberapa kali dalam seminggu untuk menjaga berat badan yang ideal dan menangkal kondisi yang mengancam jiwa seperti penyakit jantung koroner dan diabetes tipe-2,” ujar Dr. Mike Knapton, MB BChir, MA, DRCOG, direktur asosiasi medis di British Heart Foundation seperti yang dilansir dari American Journal of Health Promotion baru-baru ini. (boy)

BACA JUGA : 5 Latihan Singkat agar Perut lebih Rata dan Kencang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes