angkat beban

Berapa Kali Saya Harus Latihan Angkat Beban?

Bagi semua orang yang telah menggeluti dunia kebugaran, bukan menjadi rahasia lagi bahwa dengan melakukan latihan angkat beban dapat memiliki manfaat yang besar bagi tubuh Anda. Benar, melakukan angkat beban akan membuat Anda memiliki kekuatan super, ketahanan yang kuat, dan memungkinkan Anda untuk menguji kekuatan dan keahlian Anda. Bukan hanya itu saja, seiring dengan Anda melakukan angkat beban, akan membuat tubuh Anda memiliki massa otot yang kekar. Permasalahannya, seberapa sering kita dianjurkan untuk melakukan angkat beban dalam seminggu?

Deadlifting

Kebanyakan ahli menyarankan melakukan latihan angkat beban hanya tiga kali dalam seminggu. Hal ini telah dilansir oleh Bodybuilding.com yang ditulis oleh Gethin Keris, yang merupakan personal trainer sekelas John Abraham dan Hrithik Roshan. Dalam tulisannya, Keris memastikan agar melakukan latihan angkat beban tak lebih dari tiga kali dalam seminggu. Sekaligus, Anda direkomendasikan untuk tak menambahkan sesi latihan yang terlalu memaksa. Menurutnya, hal ini justru akan memperlambat Anda dalam memperoleh tubuh yang Anda inginkan. Banyak orang yang berpikiran, dengan melakukan angkat beban lebih sering akan membuat kemajuan yang lebih cepat. Itulah alasan mengapa pada akhirnya banyak yang memaksakan melakukan latihan angkat beban terlalu sering.

Padahal menurut Keris, melakukan angkat beban terlalu sering bukanlah ide yang tepat. Hal ini dikarenakan, Anda perlu untuk memberikan waktu bagi otot Anda untuk memulihkan diri. Ini adalah kesempatan bagi otot untuk benar-benar membangun ukuran dan massa yang lebih besar lagi. Sementara latihan akan membuat stres pada otot Anda, untuk itu yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan gizi yang cukup pada saat istirahat dan pemulihan pasca latihan.

Menurut Keris, memaksa melakukan latihan yang berat dan terlalu sering (over Training) dapat menyebabkan hilangnya kekuatan dan kelelahan, serta menghambat pertumbuhan ukuran otot Anda. Jika Anda menginginkan fisik yang mengagumkan, lakukanlah latihan angkat beban setidaknya tiga kali selama seminggu dan melakukan kardio di hari-hari di luar latihan tersebut. Tentu saja Anda juga harus memperbanyak minum air putih dan beristirahat yang cukup. (gie)

BACA JUGA: Lakukan Ini Pasca Latihan, Berefek Besar Pada Tubuh Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes