Dan Lurie : Legenda Bodybuilder Dunia

Pada 6 November 2013 lalu, dunia binaraga di seluruh dunia berduka karena kehilangan salah satu sosok legenda bodybuilder, yang tak lain adalah Dan Lurie. Siapa dia?

Dan Lurie

Dan lurie adalah salah satu pendiri binagara sekaligus pencetus berdirinya International Fedaration Of Bodybuilding and Fitness (IFBB) pada tahun 1948. Ia juga dikenal sebagai The Founding Father of Bodybuilding hingga saat ini oleh kalangan para atlet binaraga.

Lurie lahir di Broklyn, New York, AS, 1 April 1923, sebelum akhirnya pindah ke Long Island hingga ia tutup usia.

Lurie mengawali karirnya pada tahun 1942 dimana ia dinobatkan sebagai Mr. America di ajang Amateur Athletic Union (AAU), sebuah kontes binaraga paling bergengsi dikala itu, dengan menyabet 3 gelar sekaligus yaitu The Best Arms, The Best Legs, dan terpilih sebagai The Most Muscular Man America.

Selanjutnya pada tahun 1943 dan 1944 ia kembali mendapatkan gelar The Most Muscular Man pada kontes tersebut.

Namun karirnya sebagai binaragawan berakhir, setelah ia diketahui muncul disalah satu majalah iklan peralatan binaraga, hingga AAU menyatakan bahwa hal itu melanggar undang – undang yang mengatur amatirisme.

Dan lurie tidak berhenti begitu saja dari dunia binaraga, karena walaupun ia tidak bisa lagi bertanding di ajang kontes A.A.U, ia tetap masih bisa berkarir dengan menjadi television star, dan membuka beberapa gym yang berada New York dan Miami Beach.

Lurie juga berhasil menjadi pengusaha sukses dengan mendirikan sebuah perusahan bernama Dan Lurie Barbell Company, yang bergerak sebagai produsen peralatan olahraga dan suplemen.

Lurie juga diketahui memiliki hubungan baik dengan Mr. Olympia senior Arnold Schwarzenegger dan Lou Ferrigno. Selan itu Lurie juga sangat dihormati di kalangan para selebriti hollywood pada saat itu seperti Mae West, Steve Reeves, dan Clint Eastwood.

Kabarnya, presiden Amerika Serikat juga pernah mengundangnya datang ke White House yang kala itu di dipimpin oleh Ronald Reagan pada bulan Febuari 1984.

Disitulah Dan Lurie membuat sejarah yang mungkin tidak pernah dilupakan oleh dirinya, karena ia mendapatkan kesempatan untuk adu panco dengan presiden AS di meja Oval Office White House yang ternyata dimenangkan oleh sang presiden.

LurieWebsite

Tidak hanya itu Dan Lurie juga berhasil menciptakan dan menerbitkan beberapa majalah binaraga kelas internasional, diantaranya Muscle Training Illustrated, Wrestling Training Illustrated, World Karate, World Champion Boxing dan Hot Rock.

Pada tahun 2009 silam, Dan Lurie juga menerbitkan sebuah buku yang sangat fenomenal bagi kalangan binaraga dengan judul “Heart of Steel”. Dibuku itulah Dan lurie banyak menceritakan perjalanan hidupnya serta memberikan beberapa tips latihan yang dibuat oleh Lurie sendiri.

Pada usia 80 tahun Lurie memutuskan untuk pensiun dari semua acara binaraga, dan lebih memilih untuk melakukan perjalanan ke kampus, sekolah, dan daerah tertentu untuk menjadi pembicara mengenai binaraga, olahraga, kesehatan, dan bahaya narkoba atau steroid dalam olahraga.

Dan Lurie

Dedikasinya terhadap dunia binaraga memang sangat kuat sekali, ini terbukti dari semua prestasi dan usahanya untuk terus membuat olahraga binaraga tetap ada di dunia, hingga ia menghembuskan nafas terakhir di usia 90 tahun.

Salah satu ucapannya yang paling terkenal dan patut dijadikan motivasi yaitu, “Health Is Your Greatest Wealth”.

Selamat jalan father of bodybuilding. (boy)

Baca Juga : Otot Keren ala Binaraga dengan Teknik FST-7

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes