Dark Chocolate Bantu Tingkatkan Sirkulasi Darah

Ada kabar baik bagi para pencinta cokelat! Menurut Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA), bubuk kakao dan cokelat jenis dark chocolate ternyata bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Hal itu dibeberkan langsung oleh perusahaan cokelat terbesar di dunia, Barry Callebaut, yang juga dikenal sebagai pemasok cokelat untuk berbagai perusahaan besar seperti Nestley dan Hershey.

Tak hanya itu, perusahaan berbasis di Swiss itu juga memberikan bukti kepada EFSA bahwa mengonsumsi 10g dark chocolate atau kokoa dalam jumlah yang setara bisa membantu aliran darah karena mengandung tinggi akan flavanol.

Jika Komisi Eropa menyetujui klaim EFSA tersebut, para perusahaan dan pelanggan di bidang ini akan memiliki hak untuk menggunakan klaim kesehatan pada kemasan produk seperti minuman cokelat, sereal dan biskuit.

“Sebagai perusahaan pertama yang menerima klaim kesehatan ini, kami melihat potensi pasar baru yang baik bagi kita dan bagi pelanggan kami,” kata Chief Executive Barry Callebaut, Juergen Steinemann, dalam sebuah pernyataan.
Dalam uji klinis yang dilakukan untuk mendukung klaim tersebut, Barry Callebaut menggunakan proses khusus untuk membuat produk kakao yang mempertahankan flavanol, yang biasanya sebagian besar hancur selama pembuatan cokelat secara konvensional.

Menurut pernyataan yang dimuat di situs EFSA, sebuah panel ilmiah menyimpulkan bahwa hubungan sebab-akibat muncul di antara konsumsi flavanol cokelat dan pemeliharaan vasodilatasi normal, yang membantu aliran darah. Serangkaian penelitian ilmiah dalam beberapa tahun terakhir ini juga sudah menunjukkan adanya potensi manfaat kesehatan dari makan cokelat. Penelitian tahun lalu menyatakan bahwa konsumsi cokelat bisa mengurangi sepertiga risiko terkena penyakit jantung.

Sebelumnya, Uni Eropa mengetatkan produksi makanan untuk alasan kesehatan, dengan menyetujui hanya sekitar 200 dari 2.500 lebih aplikasi produk pada awal tahun ini. Selain itu, Uni Eropa juga memberikan waktu sampai akhir 2012 untuk para perusahaan makanan agar segera menghapus makanan yang ditolak. (jay)

BACA JUGA : Testosteron Rendah Bisa Picu Penyakit Berbahaya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes