Depresi Usai Melahirkan? Makanlah Ikan!

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Psychiatry telah menemukan bahwa peningkatan asupan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan, bisa mengurangi depresi setelah melahirkan.

Kelahiran anak dapat menimbulkan depresi pada wanita yang rentan. Menurut penelitian, 10 sampai 15 persen dari ibu yang baru melahirkan beresiko depresi postpartum. Depresi postpartum berhubungan dengan kesehatan ibu yang menurun, serta masalah perkembangan dan perilaku anak di kemudian hari.

Para peneliti di Montreal, Kanada, telah menemukan bukti yang menunjukkan hubungan antara depresi postpartum dan bagaimana lemak omega-3 bekerja dengan gen yang mengatur hormon suasana hati, serotonin.

“Data menunjukkan bahwa kemungkinan ada hubungan antara kehamilan, omega-3 dan reaksi kimia yang memungkinkan serotonin, regulator suasana hati, yang akan dirilis ke dalam otak kita,” ujar penulis Gabriel Shapiro, seperti dikutip Health.India.com.

Ikan-ikan seperti salmon, mackerel, sarden, tuna, herring, dll, adalah sumber yang kaya akan asam lemak omega-3. Sementara, bentuk dari asam lemak yang disebut ALA juga ditemukan dalam kedelai, biji rami, biji labu, bayam, kenari dan salad hijau.

Tingkat omega-3 maternal menurun selama kehamilan, dan akan terus turun setidaknya selama enam minggu setelah kelahiran. Hal ini karena omega-3 ditransfer dari ibu ke janinnya dan kemudian menyusui bayinya. Selain itu, kebanyakan ibu juga tidak mengkonsumsi jumlah yang cukup omega-3 saat hamil.

Shapiro menambahkan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuat rekomendasi apapun tentang pola makan yang terkait hal ini. (jay)

BACA JUGA : Anggur Merah Bisa Bantu Obati Kanker Prostat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes