gejala penyakit diabetes

Diabetes Tak Terkontrol Picu Penurunan Fungsi Kognitif

Komplikasi penyakit diabetes biasanya dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, kebutaan, dan gagal ginjal. Namun, bagaimana dengan komplikasi pada kinerja otak?

gejala penyakit diabetes

Sebuah studi baru dilakukan para peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore, Amerika Serikat. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa diagnosis diabetes pada usia pertengahan dapat mempercepat laju penurunan kognitif selama 20 tahun berikutnya. Hal ini berisiko tinggi mengalami demensia.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Elizabeth Selvin, Ph.D, seorang profesor epidemiologi di Johns Hopkins, mempublikasikan temuan mereka dalam jurnal Annals of Internal Medicine. Para peneliti menganalisis 15.792 orang dewasa yang telah dipantau sejak tahun 1987.

Tim ini membandingkan tingkat penurunan kognitif diantara peserta penelitian dengan tingkat penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia antara populasi umum. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta dengan diabetes dengan gula darah kurang terkontrol adalah 19% lebih mungkin mengalami penurunan kognitif.

Dengan kata lain, peserta penelitian dengan diabetes yang kurang terkontrol mengalami penurunan kognitif sekitar 5 tahun lebih cepat dari orang sehat pada usia yang sama.

Tim menemukan bahwa peserta penelitian dengan pradiabetes (kadar gula darah lebih tinggi dari normal) juga berisiko lebih tinggi dari penurunan kognitif dibandingkan dengan usia yang sama dan sehat.

“Pelajarannya adalah bahwa untuk memiliki otak yang sehat ketika Anda berusia 70 tahun, Anda harus makan dengan benar dan berolahraga ketika Anda masih berusia 50 tahun,” kata Selvin.

“Ada penurunan kognitif yang substansial terkait dengan diabetes, pradiabetes dan kontrol glukosa buruk pada penderita diabetes. Dan kita tahu bagaimana mencegah atau menunda diabetes terkait dengan penurunan ini,” tambahnya.

Para peneliti mencatat bahwa penurunan kognitif sangat terkait dengan perkembangan menuju demensia. Studi pada tahun 2010 lalu menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi dari penyakit Alzheimer, bentuk paling umum dari demensia.

Peneliti mengatakan bahwa lebih baik adalah dengan mencegah diabetes. Yakni dengan melakukan olahraga serta makan makanan yang sehat. Jika dapat mencegah berkembangnya diabetes, demensia juga akan dapat ditekan. (ctr)

BACA JUGA: Tips Sehat Bagi Penderita Diabetes Nikmati Liburan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes