diet

Diet Rendah Lemak Tekan Angka Kematian Pasien Kanker Payudara?

Menurut penelitian terbaru, makan makanan yang rendah lemak (diet rendah lemak) mungkin dapat mengurangi risiko kematian pada wanita penderita kanker payudara.

diet rendah lemak

Diet rendah lemak tampaknya memang sangat membantu bagi pasien kanker payudara stadium awal atau yang disebut Estrogen Reseptor Negatif (ER-Negatif). Pasien ini memiliki 36 persen penurunan risiko kematian dari setiap penyebab lebih dari 15 tahun jika mereka melakukan diet rendah lemak selama lima tahun setelah diagnosis.

Seperti dilansir Medicinenet.com, studi ini dilakukan di Los Angeles Biomedical Research Institute, UCLA Medical Center. Hasil penelitian mengatakan bahwa wanita yang memiliki ER-Negatif dan Progesteron Reseptor Negatif (PR-Negatif) mengalami pengurangan lebih besar pada risiko kematian.

Selama 15 tahun pengamatan, risiko kematian dari penyakit apa pun dapat berkurang hingga 56 persen jika mereka menerapkan diet rendah lemak setelah lima tahun diagnosis.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.400 wanita berusia 48 sampai 79 tahun. Sementara hampir 1.600 memiliki kanker ER-positif, 800 perempuan lain memiliki penyakit ER-negatif dan PR-negatif. Mereka semua menderita kanker payudara stadium awal dan menjalani pengobatan antara 1994 dan 2001. Dalam penelitian ini, pasien mengurangi asupan lemak rata-rata dari 29 persen menjadi 20 persen.

Setengah dari peserta dianjurkan untuk mengikuti diet rendah lemak, konseling gizi, dan melacak asupan lemak. Secara keseluruhan, para wanita dalam kelompok diet rendah lemak mengalami penurunan 10 persen dari seluruh kalori serta penurunan berat badan rata-rata dua kilogram lebih.

Setelah dibandingkan dengan orang yang tidak mengurangi asupan lemak pada pasien penderita penyakit apapun, peneliti menemukan bahwa tingkat kematian pada kelompok diet rendah lemak lebih rendah tiga persen.

Meski demikian, peneliti belum dapat mengatakan bahwa diet rendah lemak secara langsung menurunkan risiko kematian akibat kanker payudara. Peneliti yakin bahwa diet rendah lemak membantu karena mengurangi peradangan.

Berdasarkan penelitian ini, semua pasien kanker payudara disarankan untuk diet rendah lemak dengan mengurangi asupan kalori dari lemak hingga 20 persen atau 25 persen dari seluruh kalori. Tak hanya itu, mereka juga harus fokus pada lemak sehat seperti omega-3 yang dapat ditemukan pada ikan salmon atau lainnya. (ctr)

BACA JUGA: OLAHRAGA KURANGI RISIKO KEMATIAN PASIEN KANKER PAYUDARA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes