menurunkan berat badan

Diet Sederhana Sama Efektifnya Menurunkan Berat Badan

Saran diet yang sederhana seperti menekankan konsumsi serat sebanyak 30 gram per hari, hampir sama efektifnya untuk menurunkan berat badan dengan rekomendasi diet yang rumit dari American Heart Association (AHA).

menurunkan berat badan

Dalam artikel yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine, Senin (16/02), perubahan diet yang sederhana membantu menurunkan berat badan dan mengurangi gejala metabolik, salah satunya seperti tekanan darah tinggi.

Seperti dilansir Medical News Today, Selasa (17/02), diet dari AHA memang efektif untuk mengobati gejala metabolik. Namun, diet tersebut dinilai cukup rumit dan bisa menyulitkan seseorang yang ingin melakoni diet tersebut.

Para peneliti melakukan analisi pada 240 orang dewasa yang mengalami gejala metabolik untuk mengikuti diet dari AHA. Diet dari AHA ini menekankan banyak konsumsi buah dan sayuran, gandum (makanan tinggi serat), makan ikan dua kali seminggu, mengonsumsi protein tanpa lemak, mengurangi gula dan garam, membatasi alkohol. Selain itu, peserta juga mengikut saran mengonsumsi makanan serat sebanyak 30 gram per hari.

Setelah satu tahun, peserta dari dua kelompok tersebut mengalami perubahan pada berat badan, tekanan darah, kualitas diet, dan resistensi insulin. Sementara pada kelompok diet AHA, peserta dapat kehilangan berat badan hingga 16,7 kilogram.

Para penulis yang tergabung dalam Single-Component Versus Multicomponent Dietary Goals for the Metabolic Syndrome: A Randomized Trial, mereka yakin bahwa pendekatan diet yang lebih sederhana dapat menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang sulit melakukan diet yang lebih rumit. (ctr)

BACA JUGA: Diet Vegan Efektif Kurangi Risiko Penyakit Jantung?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes