meningkatkan massa otot

Diet Sehat Bantu Kurangi Risiko Penyakit Paru-Paru

Selain berhenti merokok, mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian, lemak tak jenuh ganda dan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi risiko penyakit paru-paru kronis.

diet sehat

COPD atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (Penyakit paru obstruktif kronik/PPOK) merupakan penyakit kronis paru-paru yang disebabkan kerusakan paru-paru yang tidak bisa lagi disembuhkan. Termasuk diantaranya emfisema dan bronkitis, yang menghalangi saluran udara dan membatasi aliran oksigen ke seluruh tubuh. Penyakit ini merupakan penyebab kematian ketiga menurut American Lung Association.

Meskipun faktor risiko utama untuk COPD adalah merokok, namun sepertiga pasien COPD tidak pernah merokok. Hal menunjukkan bahwa faktor-faktor lain juga terlibat dalam berkembangnya penyakit ini. Karena itu, peneliti melakukan analisa kaitan antara ukuran kualitas makanan atau Alternate Healthy Eating Index 2010 (AHEI-2010) dengan risiko COPD.

Penelitian ini sendiri diterbitkan dalam jurnal BMJ. Peneliti menganalisis data lebih dari 120.000 pria dan wanita di Amerika Serikat yang ambil bagian dalam Nurses ‘Health Study antara tahun 1984-2000 dan Health Professionals Follow-up Study tahun 1986-1998.

“Meskipun upaya untuk mencegah COPD terus fokus pada berhenti merokok, temuan kali ini mendukung pentingnya diet sehat dalam program intervensi untuk mencegah COPD,” kata pemimpin studi, Raphaelle Varraso dari National Institute of Health and Medical Research di Villejuif, Prancis, dikutip dari WebMD, Kamis (05/02).

Pada akhir analisa, peneliti menemukan 723 kasus COPD pada perempuan dan 167 pada laki-laki. Hasil analisa menunjukkan bahwa risiko COPD lebih rendah pada mereka yang mereka yang gemar mengonsumsi sayuran hijau, biji-bijian, lemak tak jenuh ganda, dan kacang-kacangan disbanding mereka yang suka minuman manis, daging, dan alkohol. (ctr)

BACA JUGA: Ini Dia Waktu Tidur Ideal yang Sesuai dengan Usia Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes