diet tinggi lemak

Diet Tinggi Lemak dan Obesitas Bisa Bahayakan Janin

Diet tinggi lemak dan obesitas selama hamil, kemungkinan memberikan dampak tidak baik bagi janin yang sedang dikandung. Pasalnya, hal itu akan membahayakan sel induk pembentuk darah dan hati pada bayi.

diet tinggi lemak

Ilmuwan di Rumah Sakit Anak OHSU Doernbecher mengungkapkan, diet tinggi lemak dan obesitas selama kehamilan membahayakan pembentuk darah, atau hematopoietik, sistem sel induk dalam hati janin yang bertanggung jawab untuk menciptakan dan mempertahankan darah dan fungsi sistem kekebalan tubuh. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Molecular Metabolisme.

Beberapa tahun lalu, tim peneliti melakukan percobaan pada tikus yang menjalani diet tinggi lemak, tinggi gula, seperti yang dilakukan pada wanita hamil masa kini. Hasilnya, tikus kelebihan gizi dan secara signifikan mengurangi ukuran hati pada janin.

“Hasil kami menawarkan model untuk menguji apakah efek dari diet tinggi lemak dan obesitas dapat diperbaiki melalui intervensi pola makan yang lebih baik. Itulah pertanyaan kunci untuk penelitian lebih lanjut pada manusia,” kata Daniel L. Marks, MD, Ph.D., profesor endokrinologi pediatrik di OHSU School of Medicine dilansir Sciencedaily.com.

Tim peneliti mengatakan bahwa akibat dari ibu hamil diet tinggi lemak dan obesitas dapat membuat perubahan yang signifikan pada pertumbuhan dan perluasan sel induk darah di hati. Selanjutnya, hal itu akan dapat membahayakan perkembangan sistem kekebalan tubuh. (ctr)

BACA JUGA: Tulang Bisa Rapuh Jika Kurang Aktivitas Fisik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes