diet tinggi protein

Diet Tinggi Protein Hewani Bisa Perparah Penyakit Ginjal

Pola diet berperan penting pada perkembangan penyakit ginjal. Terbaru, diet tinggi protein hewani seperti daging merah ternyata dapat memperparah penyakit ginjal.

diet tinggi protein

Diperkirakan sekitar 26 juta orang di Amerika Serikat memiliki penyakit ginjal kronis, yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Setelah gagal ginjal, pasien juga perlu menjalani perawatan cuci darah tiga kali seminggu atau transplantasi ginjal untuk tetap hidup. Pada tahun 2013, lebih dari 47.000 orang Amerika meninggal karena penyakit ginjal.

Diet dapat memainkan peran utama perkembangan penyakit ginjal menjadi gagal ginjal. Hal ini seperti ditulis dalam penelitian yang dilakukan di Texas A & M Health Science Center College of Medicine.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Society of Nephrology ini menunjukkan bahwa diet tinggi protein hewani, terutama daging merah, dapat memperburuk penyakit ginjal.

“Penelitian kami menemukan bahwa pasien dengan penyakit ginjal kronis yang mengkonsumsi diet tinggi protein hewani tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan gagal ginjal dibandingkan pasien yang mengkonsumsi diet tinggi buah-buahan dan sayuran,” kata salah satu penulis penelitian, Donald Wesson MD, dikutip dari Science Daily, Rabu (25/02).

Temuan itu didasarkan pada data yang dikumpulkan dari 1.486 orang dewasa dengan penyakit ginjal kronis yang berpartisipasi dalam National Health and Nutrition Examination Survey III.

Wesson menjelaskan bahwa ketika seseorang makan protein hewani seperti daging merah, tubuh memetabolisme protein ini menjadi asam. Ginjal menghasilkan zat untuk membantu tubuh membersihkan diri dari asam ini, namun zat ini bisa melukai fungsi ginjal jika kadar tetap tinggi dalam tubuh selama jangka waktu yang lama.

“Ini seperti pedang bermata dua. Dalam jangka pendek zat ini dapat membantu ginjal membuang asam, tetapi dalam jangka panjang mereka dapat mengurangi fungsi ginjal,”kata Wesson.

Wesson mengatakan bahwa sementara penelitian belum membuktikan bahwa makan diet tinggi buah-buahan dan sayuran dapat mencegah penyakit ginjal. Tapi, diet seperti ini telah terbukti membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dia mencatat bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran bisa mengurangi tekanan darah, yang sangat bermanfaat bagi pasien dengan penyakit ginjal kronis karena sebagian besar pasien ini memiliki tekanan darah lebih tinggi.

“Kita tahu bahwa buah-buahan dan sayuran adalah ‘ramah jantung’ dan studi yang sedang berlangsung akan membantu mengkonfirmasi jika mereka juga ‘ramah ginjal’,” kata Wesson. (ctr)

BACA JUGA: Cukup Berjalan Semenit Bantu Anda Lebih Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes