risiko penyakit jantung

Diet Vegan Efektif Kurangi Risiko Penyakit Jantung?

Studi terbaru menyebutkan bahwa anak obesitas yang melakukan diet vegan lebih efektif menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler daripada rekomendasi diet dari American Heart Association (AHA).

risiko penyakit jantung

Dikutip dari ZeeNews, Senin (16/02), peneliti dari Cleveland Clinic, Michael Macknin mengatakan bahwa anak obesitas yang makan rendah lemak dan diet vegan dapat menurunkan risiko penyakit jantung melalui perbaikan berat badan, tekanan darah, indek massa tubuh (BMI), kadar kolesterol, sensitivitas insulin, dan sensitivitas protein C-reaktif (CRP).

Dalam studi yang dipublikasikan di The Journal of Pediatrics, peneliti melakukan studi selama empat minggu membandingkan diet vegan dengan rekomendasi diet dari AHA pada 28 anak obesitas dengan kadar kolesterol tinggi pada anak berusia antara 9-18 tahun. Salah satu orang tua juga diharuskan memantau diet yang dianjurkan.

Hasilnya, anak yang melakukan diet vegan dengan mengonsumsi whole grain, membatasai alpukat dan kacang, tidak ada lemak tambahan, serta tidak ada produk dari hewan mengalami perbaikan pada sembilan aspek. Yaitu indek massa tubuh, tekanan darah sistolik, berat badan, lingkar lengan, total kolesterol, kadar kolesterol jahat (LDL) yang rendah, dan insulin, serta dua penanda umum dari penyakit jantung, myeloperoxidase dan CRP.

Sementara diet yang direkomendasikan AHA adalah mengonsumsi buah, sayuran, whole grain, rendah garam, susu rendah lemak, minyak tertentu, daging dan ikan, hanya mengalami perbaikan pada empat aspek. Yaitu berat badan, lingkar pinggang, lingkar lengan, dan myeloperoxidase. (ctr)

BACA JUGA: Ekonomi Keluarga Pengaruhi Risiko Obesitas?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes