DIY Rahasia untuk Hidup Lebih Lama Bagi Pria ?

Mengisi akhir pekan dengan bersantai ria ternyata berisiko terhadap beberapa penyakit mematikan. Sebenarnya, ada cara yang lebih sehat dan bahkan disebut sebagai salah satu rahasia untuk hidup lebih lama, apa itu ?

DIY Rahasia untuk Hidup Lebih Lama Bagi Pria

Do It Yourself (DIY) adalah istilah bagi seseorang terutama pria yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga tanpa dibantu oleh orang lain, seperti misalnya memperbaiki rumah, memperbaiki kendaraan, dan berkebun. Ternyata selain dapat mengurangi biaya pengeluaran keuangan keluarga, DIY juga diketahui sebagai salah satu rahasia untuk hidup lebih lama.

Sebuah studi baru di Denmark mengungkapkan bahwa pria yang teratur melakukan DIY selama akhir pekan, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal muda dibandingkan dengan pria yang mengisi akhir pekan hanya dengan bersantai ria.

Menurut hasil studi yang juga telah diterbitkan oleh jurnal kesehatan Epidemiology, bahwa pria berusia 50 dan 64 tahun yang rutin melakukan DIY memiliki 23% penurunan risiko kematian dari beberapa jenis penyebab kematian. Sedangkan gaya hidup bersantai di akhir pekan berhubungan dengan beberapa penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Para peneliti dari Danish Cancer Society, Kopenhagen, Denmark, meninjau hampir 60.000 pria dan wanita paruh baya untuk melihat bagaimana aktivitas fisik mampu memengaruhi umur seseorang. Lalu para peserta studi jangka panjang ini diminta untuk mencatat pola aktivitas fisik mereka termasuk olahraga dan DIY.

Hasilnya menunjukan bahwa melakukan olahraga seperti jogging dapat mengurangi risiko kematian sebesar 25% bagi wanita dan 22% bagi pria. Para peneliti juga menganalisa aktivitas DIY pada pria dan menemukan efek perlindungan yang kuat terhadap kematian dini.

Dengan melihat hasil studi tersebut para peneliti menyimpulkan bahwa mengambil bagian dari beberapa jenis aktivitas fisik diakhir pekan lebih penting daripada menghabiskan waktu berjam-jam tanpa melakukan apapun.

Para peneliti juga menegaskan, studi mereka ini bukan mengarahkan seseorang untuk memperbanyak aktivitas olahraga atau aktivitas DIY di akhir pekan, namun studi ini lebih menunjukan betapa pentingnya menghindari gaya hidup tidak sehat daripada menghindari aktivitas fisik.

So, akhir pekan ini Anda harus lebih semangat untuk melakukan aktivitas fisik dirumah ya!(boy)

BACA JUGA : Tingkatkan Rasa Optimisme, Untuk Hidup Lebih Lama!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes