Dosis Protein yang Tepat Bagi Tubuh Setelah Latihan

Tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi protein untuk mendapatkan hasil yang maksimal, atau jangan pula terlalu sedikit jika ingin perkembangan otot yang maksimal.

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh Setelah Latihan

Protein telah lama diketahui sangat penting untuk mempertahankan dan membangun otot tubuh, kini sebuah studi baru menemukan berapa dosis yang tepat untuk mengonsumsi protein.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengundang 48 pria yang bersedia berpartisipasi dalam studi protein tersebut.

Kemudian para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan dosis yang berbeda untuk mengonsumsi protein, mulai dari 10 gram, 20 gram, dan 40 gram.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa dosis yang tepat adalah 20 gram dan 40 gram dimana dosis tersebut diklaim lebih efektif untuk membantu memperbaiki otot dan pertumbuhan otot setelah melakukan latihan. Namun dosis 40 gram tidak memberikan manfaat tambahan sama sekali.

Selain itu peneliti juga mengemukakan, bahwa whey protein adalah sumber protein yang sangat baik dikonsumsi setelah latihan, “Whey adalah sumber protein yang kaya leusin, salah satu asam amino yang mengaktifkan sintesis protein,” ujar Alan Aragon, M.S, seorang ahli nutrisi ternama di Amerika.

Whey protein memiliki 10% asam amino leusin sedangkan protein hewani dan yang lainnya hanya memiliki leusin sebanyak tidak lebih dari 5%.

Namun pasalnya, sebagian besar diet seseorang harus terdiri dari seluruh nutrisi makanan, maka dari itu whey protein adalah cara yang mudah dan murah untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup protein setiap hari.

“Otot tetap responsif terhadap protein setidaknya 24 jam setelah berolahraga atau latihan,” kata Oliver Witard, Ph.D, penulis utama penelitian tersebut, serta seorang ahli kesehatan dan ilmu olahraga di University of Stirling, Skotlandia.

Jadi tidak perlu tergesa-gesa untuk mengonsumsi asupan protein setelah latihan, meskipun efeknya memang lebih tinggi apabila dikonsumsi setelah latihan.

Bahkan sebuah penelitian di Kanada mengungkapkan bahwa 20 gram protein setiap 3 jam sebanyak 4 kali sehari dapat membantu pria membangun masa otot tanpa lemak daripada makan dalam jumlah banyak asupan protein (40gram dua kali sehari) atau lebih sedikit (10gram 8 kali sehari).

Namun Aragon menegaskan, untuk tidak menjadi berlebihan dalam mengkonsumsi protein, karena tubuh juga memerlukan nutrisi lainnya sepanjang hari.

“Ketika datang waktunya untuk membangun otot dan menurunkan berat badan, faktor yang paling penting adalah tetap latihan yang konsisten dan mengkonsumsi makanan sehat yang mencakup cukup protein,” tutup Aragon. (boy)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes