Duduk Seharian Setelah Nge-gym Juga Berbahaya Lho!

Olahraga secara teratur memang menguntungkan bagi kesehatan. Tetapi, olahraga juga tidak akan mengurangi risiko mencegah penyakit jika gaya hidup tidak aktif masih ada di diri Anda.

Duduk Seharian Setelah Nge-gym Juga Berbahaya Lho!

Berkeringat di gym setiap pagi tidak dapat mencegah Anda dari risiko diabetes, penyakit jantung, obesitas dan kematian dini, jika Anda bakal duduk terus menerus di sisa hari.

“Kita semua tahu bahwa banyak orang berolahraga setiap pagi, tetapi setelah itu banyak orang juga biasanya akan menghabiskan sebagian besar sisa harinya untuk duduk di depan komputer dengan sedikit waktu istirahat,” ujar dikutip Lynette Craft, asisten profesor kedokteran preventif di Feinberg School of Medicine, Northwestern University.

“Jika orang-orang bisa menyelingi aktivitas duduk dengan aktivitas ringan – seperti sekedar bangun dari duduk, bergerak, mungkin berdiri ketika berbicara di telepon, berjalan ke meja kerja rekan Anda daripada mengirim email – kami pikir mereka bisa mendapatkan manfaat kesehatan,” katanya.

Penelitian, yang diterbitkan di International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, meneliti sejumlah wanita yang mengikuti panduan beraktivitas Physical Activity Guidelines for Americans saat ini, dengan anjuran sedikitnya 150 menit aktivitas fisik moderat per minggu.

Dalam penelitian ini, banyak wanita memenuhi atau melampaui 150 menit aktivitas fisik per minggu. Para wanita dalam penelitian ini menghabiskan rata-rata 9 jam sehari untuk duduk.

“Tentu saja, olahraga sangat penting dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan yang positif, tetapi konsekuensi negatif pada kesehatan juga terkait dengan lamanya duduk. Studi ini juga menunjukkan, walaupun Anda sehat secara fisik, pasti Anda juga akan mengalami lamanya duduk,” tutup Craft. (jay)

BACA JUGA: Merokok Hanya Memperburuk Hangover Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes