olahraga di pagi hari

Fakta Unik Mengapa Anda Perlu Olahraga di Pagi Hari

Para ahli sepakat bahwa pagi hari merupakan waktu terbaik untuk memulai olahraga. Pagi hari merupakan saat di mana udara masih bersih dan segar sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh semakin optimal.

olahraga di pagi hari

Sejatinya waktu untuk berolahraga bisa dilakukan kapan saja baik siang, sore hingga menjelang malam. Tapi pagi hari tetap mejadi waktu terbaik. Mengapa? Berikut beberapa fakta seputar manfaat olahraga di pagi hari yang tidak bisa Anda dapatkan di waktu lainnya.

Lebih Banyak Membakar Lemak

Tubuh akan membakar dua jenis sumber energi Anda yaitu glukosa dan lemak. “Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari,” terang Monica Nelson, dari American Council on Exercise-certified.

Ketika Anda tidur tubuh Anda membakar glukosa dan meninggalkan Anda dengan lemak yang lebih banyak saat bangun. Itulah sebabnya lemak akan lebih banyak dibakar saat olahraga pagi.

Latihan Intensitas Tinggi Tidak Dianjurkan

Latihan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan tidak disarankan oleh para ahli. Mengapa? Tubuh berpotensi mengalami kelelahan di tengah latihan sehingga setengah latihan selanjutnya terlewatkan. “Ini akan membuat tubuh Anda lemas karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi digunakan semakin sedikit lemak dibakar,” terang Nelson.

Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Studi telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang berolahraga di pagi hari memiliki tidur yang nyenyak dibandingkan berolahraga di malam hari. Ini karena otot-otot membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal, sehingga berolahraga di malam hari dapat mengganggu tidur Anda.

Semua Tempat Milik Anda

Artinya, Anda bisa berolahraga di tempat-tempat yang biasanya ramai pada siang hari. Kondisi ini akan membuat perasaan Anda lebih tenang dan leluasa dalam berolahraga. Lakukan gerakan-gerakan olahraga yang tidak mungkin Anda lakukan di siang hari di tempat tersebut karena di pagi hari tempat itu adalah milik Anda. (dan)

BACA JUGA : Sensasi Ledakan Otot dengan Latihan Eksplosif

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes