Firmicutes, Bakteri Penyebab Kegemukan

Selain kebiasaan makan berlebihan dan minimnya olahraga, kegemukan juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya.

Penelitian terbaru mengungkap, ada sejenis bakteri di dalam perut yang bisa meningkatkan timbunan lemak dalam tubuh, dan akhirnya menambah berat badan.

Tim peneliti dari University of North Carolina melakukan eksperimen pada ikan zebra yang memiliki perut transparan saat masih muda. Ikan-ikan tersebut diberi makanan yang telah diberi pewarna fluorecent agar berpendar saat makanan tersebut dicerna di dalam perut.

Hasilnya, para peneliti menemukan laju pemecahan lemak di dalam ikan dipengaruhi oleh sejenis bakteri bernama Firmicutes. Makin banyak jumlah bakteri tersebut, makin cepat pula sel-sel lemak dipecah dan diserap tubuh.

Selama ini, aktivitas mikroba di dalam perut hanya dikaitkan dengan pemecahan karbohidrat kompleks agar lebih mudah diserap. Penelitian yang dilakukan di University of North Carolina ini membuktikan, pemecahan lemak juga dipengaruhi oleh bakteri.

“Jika kita tahu secara spesifik bakteri apa yang bisa meningkatkan penyerapan lemak, maka kita bisa mengembangkan cara untuk mengurangi penyerapan lemak dalam rangka mencagah penyakit metabolik,” ungkap sang peneliti, John Rawls, PhD.

Tima peneliti juga menemukan bahwa bakteri yang sama juga berhubungan dengan tingkat kegemukan pada manusia. Dengan cara kerja yang serupa yaitu bakteri Firmicutes memecah lemak lebih cepat sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh manusia dan meningkatkan risiko kegemukan.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bakteri Firmicutes dalam meningkatkan berat badan seseorang. (dan)

BACA JUGA : Berawal dari Obesitas, Berhasil Turun 19 Kg dalam 8 Bulan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes