Fruktosa Bantu Kontrol Gula Darah

Kebanyakan orang berpikir bahwa fruktosa atau gula buah cenderung memiliki efek buruk bagi kesehatan. Namun menurut hasil penelitian terbaru yang dikutip Zeenews.com, fruktosa justru punya banyak keuntungan bagi kesehatan.

“Selama dekade terakhir, para peneliti menemukan adanya koneksi antara asupan fruktosa dan tingkat obesitas,” kata Dr. John Sievenpiper, penulis senior penelitian tersebut. “Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa masalah hanya terjadi jika dikonsumsi berlebihan, dan bukan pada fruktosa itu sendiri,” ujarnya.

Penelitian ini me-review 18 percobaan terhadap 209 peserta yang memiliki diabetes tipe 1 dan 2. Hasilnya, para peneliti menemukan fruktosa secara signifikan meningkatkan kontrol gula darah mereka. Peningkatan tersebut setara dengan efek dari obat anti-diabetes oral.

Bahkan yang lebih menjanjikan, Dr. Sievenpiper mengatakan, adalah bahwa para peneliti melihat manfaat-manfaat baik ini tidak memiliki efek samping pada berat badan, tekanan darah, asam urat atau kolesterol.

Fruktosa, yang secara alami ditemukan dalam buah, sayuran dan madu, adalah gula sederhana yang bersama-sama dengan glukosa membentuk sukrosa, yakni dasar dari gula pasir. Sukrosa juga bisa ditemukan di sirup jagung yang kaya fruktosa, pemanis yang biasa digunakan untuk makanan komersial.

“Semua perhatian negatif pada fruktosa lebih cenderung pada masalah makan yang terlalu banyak kalori,” tambah Cozma. Meskipun hasilnya menggembirakan, para penulis memperingatkan bahwa penting untuk berhati-hati karena masih membutuhkan penelitian panjang dan lebih besar. (jay)

BACA JUGA : Inilah Alasan Mengapa Tubuh Anda Butuh BCAA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes