Gadget Juga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Gemuk?

Kabar mengejutkan datang kembali dari dunia gadget atau smartphone, para ahli kesehatan mengatakan bahwa gadget juga bisa membuat tubuh seseorang menjadi gemuk, benarkah?

Gadget Juga Bisa Membuat Tubuh Menjadi Gemuk.2

Sebelumnya disebutkan bahwa menggunakan smartphone atau gadget lainnya di dalam kondisi gelap berisiko ablasi retina yang dapat berkembang menjadi kebutaan.

Namun berbeda dengan sebuah studi di Amerika Serikat baru – baru ini, para peneliti AS menyatakan bahwa paparan cahaya biru dari gadget yang digunakan pada kondisi ruangan yang redup dapat membuat tubuh seseorang menjadi gemuk.

Paparan cahaya biru dari smartphone atau gadget lainnya diyakini dapat meningkatkan rasa lapar selama beberapa jam, bahkan tingkat lapar meningkat setelah makan malam.

Hal ini memicu seseorang untuk mengambil makanan setelah makan malam, yang dapat berisiko meningkatkan berat badan, ini juga dikhawatirkan dapat menambah angka obesitas, mengingat teknologi gadget semakin berkembang.

Selain itu, paparan cahaya biru yang berasal dari gadget juga terbukti dapat mengurangi rasa kantuk sehingga meningkatkan gangguan insomnia.

“Paparan cahaya biru dari gadget yang digunakan dalam kondisi gelap berdampak meningkatkan rasa lapar dimalam hari dan metabolisme glukosa,” ujar Ivy Cheung, rekan penulis studi dari Northwestern University di Chicago.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti mengundang peserta studi yang terdiri dari 10 orang dewasa sehat dengan tidur dan pola makan yang baik sebelumnya.

Peneliti menyelesaikan studi ini selama 4 hari dimana para peserta studi diminta untuk menggunakan gadget dalam kondisi ruangan redup dengan cahaya kurang 20 lux (banyaknya cahaya yang dipancarkan per satuan bidang atau jumlah cahaya per meter kuadrat) selama 16 jam terjaga dan kurang dari 3 lux selama 8 jam tidur.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa para peserta yang menggunakan gadget dalam kondisi ruangan redup lebih rentan untuk makan berlebih di malam hari dibandingkan dengan mereka yang menggunakan gadget dalam kondisi ruangan normal.

Meski demikian kedua kelompok peserta sama – sama terkena dampak gangguan insomnia yang diketahui buruk bagi kesehatan.

Cheung mengatakan bahwa diperlukan studi lebih lanjut dalam skala yang lebih besar untuk menentukan mekanisme cahaya gadget yang dapat memengaruhi rasa lapar dan metabolisme.

So fitness mania, gunakanlah dengan baik perangkat pintar Anda ya, jangan sampai mengganggu kesehatan Anda! (boy)

BACA JUGA : Hati – Hati, Menggunakan Smartphone Dalam Kondisi Gelap!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes