Ganti Warna Piring Bisa Langsingkan Tubuh

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika ingin cepat menurunkan berat badan gantilah warna piring yang biasa Anda gunakan saat makan dengan warna yang kontras.

warna-piring-dan-diet

Warna piring diyakini dapat mempengaruhi napsu makan seseorang. Warna yang senada dengan makanan biasanya dapat membuat porsi makan semakin bertambah tanpa disadari. Misalnya ketika Anda mengonsumsi nasi putih dan yang Anda gunakan adalah piring warna putih, maka besar kemungkinan porsi makan Anda jauh lebih banyak ketimbang Anda menggunakan piring berwarna merah misalnya.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research mengungkapkan bahwa semakin kontras warna piring dan makanan yang Anda konsumsi semakin kecil kemungkinan Anda mengasup kelebihan kalori.

Oliver Genschow, psikolog dari University of Mannheim menjelaskan, asumsi bahwa warna merah mengurangi nafsu makan, tidak diketahui peserta. Mereka melakukannya atas perintah alam bawah sadar.
Karena itu, ia merekomendasikan hasil penelitian itu untuk diaplikasikan pada pasien dengan gangguan makan tertentu.

Sayangnya, penelitian ini baru mengungkap satu sisi: soal konsumsi. Belum diketahui apa yang menyebabkan merah membuat nafsu makan seseorang merosot. Sebab, makna merah sendiri berbeda-beda di setiap kalangan.
Ada yang menyebutkan merah adalah simbol dari daya tarik dan romantisme. Namun, ada pula yang mengasosiasikan merah sebagai tanda bahaya dan keengganan.

“Orang-orang percaya segala macam hal tentang warna dan motivasi. Beberapa hal mungkin benar, tetapi kita perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan,” kata Nicola Bruno, peneliti psikologi kognitif dari University of Parma, Italia, seperti dikutip CNN. (dan)

BACA JUGA : RAJIN MAKAN IKAN DIJAMIN AWET MUDA & BEBAS KEGEMUKAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes