kanker rahim

Gemar Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Kanker Rahim

Ladies, ini kabar gembira bagi Anda yang gemar menikmati kopi. Ya, penelitian terbaru mengatakan bahwa mengonsumsi kopi berpotensi mengurangi risiko kanker dinding rahim atau kanker endometrium.

kanker rahim

Peneliti menganalisis data dari dua studi yang melibatkan 456 ribu perempuan. Dari 2.800 perempuan yang didiagnosis kanker rahim, para peneliti mengamati kebiasaan diet mereka. Dibandingkan dengan perempuan yang minum kopi tak lebih dari secangkir, mereka yang minum kopi empat cangkir per hari dapat mengurangi risiko kanker dinding rahim sebesar 18 persen.

Pemimpin studi, Melissa Merritt dari Imperial College London di Inggris mengatakan, percobaan dengan mengonsumsi kopi sebanyak 37 ons per hari dapat menurunkan risiko kanker dinding rahim hingga 18 persen.

Studi baru ini diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention. Para peneliti belum dapat mengungkap secara pasti mengapa kopi dapat menurunkan risiko kanker dinding rahim. Namun, peneliti berkeyakinan jika kopi dapat mengurangi kadar estrogen dalam tubuh.

Menurut American Cancer Society, risiko kanker dinding rahim meningkat jika kadar hormon estrogen meningkat. Faktor risiko lain termasuk kelebihan berat badan dan terlambat menopause.

“Hasil studi baru ini memvalidasi penelitian lain yang menunjukkan bahwa kopi memiliki efek menguntungkan dalam menurunkan kanker dinding rahim,” kata profesor onkologi di City of Hope Comprehensive Cancer Center, Dr. Robert Morgan, dikutip dari WebMD.com, Sabtu (07/02).

Dr. Morgan menambahkan, beberapa ahli yakin bahwa hubungan ini disebabkan antioksidan dalam kopi. Antioksidan tersebut diprediksi dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel. (ctr)

BACA JUGA: Diabetes Buat Harapan Hidup Wanita Lebih Pendek

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes