Going Back to Indonesia

Pagi ini aku bangun pukul 6, padahal wekker aku pasang pukul 6.45. Kayaknya udah tidak bisa tidur terlalu nyenyak karena hari ini adalah jadwalku untuk terbang kembali ke Indonesia. Aku cepat-cepat mengepak semua barang-barangku yang tersisa dan kemudian mandi karena aku berjanji akan sarapan bersama Brian dan Missy pukul 7.30.

Sekitar pukul 7.15 Brian sudah mengirimkan message di AOL ku dan bertanya apakah jadi makan bareng. Aku bilang iya, dan ternyata pukul 7.25 mereka berdua sudah mengetuk pintu kamarku.

Kami makan pagi, di restoran yang pertama kali kami datangi, House Without A Key. Kami memilih menu buffet dan aku seperti biasa, menu American breakfast, egg scrambled, bacon, potatoe, fruit and juice:) Kami ngobrol sambil bercanda sampai jam menunjukkan pukul 8.15. Dan aku bilang mau ke kamar dulu untuk membereskan koper. Mereka bertanya ama perlu dibantu sesuatu (so nice of them), dan aku bilang ga perlu lah, karena sudah hampir selesai. Setelah semuanya beres, aku ke kamar Brian dan mereka mengantarku untuk check out.

Hotel di Hawaii, seperti kata Brian, dibayarin mereka sepenuhnya sebagai ucapan terima kasih karena aku membantu mereka mengajari Tim, distributor Ultimate dari Vietnam untuk sistem penjualan Ultimate Nutrition. Hotel di hawaii seharga $700 per malam! :) Setelah itu mereka mengantarku untuk mencari taksi. Sambil menunggu taksi di depan hotel, ternyata ada shuttle bus yang menuju airport, dan ternyata masih ada bangku kosong. Harganya cuma $10 dibandingkan taksi $30. Brian membayar sopirnya dengan pecahan $20, dan ketika sopirnya bingung tidak ada uang kembalian, seperti biasa, Brian bilang, ambil aja kembaliannya. Sopirnya sampai kaget dan berterima kasih. Brian menjabat tanganku dan mengatakan sampai ketemu lagi di chat akhir minggu ini sedangkan Missy merangkulku.

"Standing

Bus itu mulai bergerak, dan berhenti di hotel lain untuk menjemput tamu-tamu yang lain sebelum akhirnya melaju menuju ke airport. Perjalanan menuju ke airport ditempuh dalam waktu 25 menit. Aku turun di terminal Hawaiian Airlines. Aku harus ke kantor imigrasi terlebih dahulu untuk melaporkan diri bahwa aku akan meninggalkan Amerika. Setelah tanya kesana kemari lokasi kantor imigrasi, ternyata berada di terminal yang berbeda. Aku mesti berjalan cukup jauh, menyeret koper yang cukup berat :(

Sesampainya di kantor imigrasi, aku memencet bel untuk memanggil orangnya, dan ternyata cukup lama sekali, setelah kira-kira 6-7x memencet, baru ada yang keluar. Aku diperiksa, katanya apakah aku membawa senjata atau tidak. Aku ketawain sambil bilang, buat apa aku bawa senjata? Setelah itu aku dibawa masuk, disuruh tunggu, dan dilayani oleh seorang petugas cewek dengan nama Parkinson :P aku sampai ketawa melihat namanya, dan mencari-cari apa ada temannya yang bernama Malaria atau Alzheimer :P Hahahahaha.

Setelah selesai semua proses, aku kembali jalan sejauh itu kembali ke terminal Hawaiian Airlines lagi. Aku check-in sambil mengupgrade tiketku ke business class. Aku harus menambah sebesar $494. Tetapi aku pikir daripada terlalu capek terbang 11 jam, mending aku upgrade saja. Setelah selesai proses check-in, aku pergi ke Gate tempat pesawatku berada. Ternyata aku harus naik bus dengan nama Wiki wiki Bus menuju lokasi lain tempat Gate itu berada. Wiki wiki artinya adalah hurry hurry dalam bahasa inggris. Di tempat Gate itu, ternyata cuman ada 1 toko :( tidak ada restauran atau apapun. Untungnya aku sudah makan jadi tidak menjadi masalah. Aku menunggu sambil tiduran di kursi, karena masih terlalu pagi.

Pukul 12 lebih aku dipanggil untuk boarding, tetapi sebelumnya tetap aku di interview sekali lagi oleh petugas imigrasi, ditanya ngapain aku di US, apakah aku akan meninggalkan US dengan membawa $10,000. Setelah semuanya beres, aku menuju ke gate masuk pesawat. Enak juga business class, karena kali ini aku boleh masuk pertama. Business class cuman terdiri dari 3 baris saja, dan kondisinya sangat kosong.

Business class hawaiian airlines memang tidak seenak business class dalam singapore airlines, tidak ada power outlet sehingga aku tidak bisa bekerja dengan laptopku. Tetapi paling tidak, aku tidak akan terlalu capek dengan penerbangan selama 11 jam. Ketika masuk, mereka langsung menawari aku dengan berbagai macam minuman dan koran. Ketika pesawat hendak lepas landas, mereka mengambil minumanku, dan saat setelah pesawat mengudara, mereka menawari aku minuman lagi.

Mereka memberiku entertainment player portable yang bisa digunakan untuk memutar film-film, music, tv show dan lain-lain. Makanan disajikan di awal, fruit n cheesecake, rice n beef dan salmon. Aku menghabiskan waktuku sambil menonton berbagai macam film sampai akhirnya aku kelaparan lagi. Aku bertanya apakah ada makanan lagi? Mereka mengatakan bahwa sandwich akan disajikan 1 jam lagi, tetapi mereka memberiku snack camilan untuk mengganjal perutku. 1 jam kemudian mereka memberiku sandwich, kentang dan cake :)

Aku mendarat pukul 4.40 waktu manilla. Aku harus mengambil bagasiku disitu, kemudian naik bus untuk ke terminal lain untuk check in lagi di terminal Philippines Airlines. Aku menemukan teman baru sewaktu antri check in. Dia menemaniku selama check in, belanja sandwich lagi karena tidak ada restauran di terminal itu. Aku ngobrol bersama dia, menunggu pesawat sekitar hampir 3 jam. Aku sempat tidur 30 menit di bangku tunggu karena menurut waktu hawaii (aku masih jet lag),  sekarang adalah tengah malam.

"Bent

Akhirnya, pesawat terbang cukup on time, pukul 9 malam waktu manilla. Aku tertidur sesaat setelah pesawat lepas landas. Aku terbangun setelah 1.5 jam dan melihat bahwa penumpang lain sudah menyelesaikan makan malam mereka. Aku memanggil seorang pramugari yang kebetulan lewat dan meminta jatah makananku. Aku makan kare ayam sambil terkantuk-kantuk dan setelah itu melanjutan tidur. Penerbangan menuju jakarta ditempuh dalam waktu 4 jam kurang sedikit.

Tepat pukul 11.45 WIB, aku mendarat di jakarta. Setelah melalui proses imigrasi yang panjang, aku keluar menuju pintu keluar bandara. Tetapi masih ada satu hal yang menyebalkan. Petugas bea cukai memanggilku, dan menyuruhku membuka koperku, dibongkar semua, cuman untuk melihat botol vitaminku yang sudah kosong. Aku tidak tahu kenapa mereka memintaku membuka koperku padahal koperku tadi disuruh lewat dan tidak melalui proses screening infra red. Setelah selesai aku segera pulang dan masuk ke rumah pukul 1.35 dini hari.

Berakhirlah perjalananku kali ini selama dua belas hari. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang sudah membaca blogku dan memberikan banyak support kepada aku selama ini dan terutama selama aku melakukan perjalanan ini. Until my next journey…….:)