golongan darah

Golongan Darah Pengaruhi Jantung dan Harapan Hidup

Seseorang dengan golongan darah A, B, atau AB, memiliki risiko penyakit jantung lebih tinggi dan harapan hidup lebih pendek daripada mereka yang memiliki golongan darah O.

golongan darah

Tapi itu tidak berarti orang-orang dengan golongan darah selain O harus terlalu khawatir, karena risiko penyakit jantung dan harapan hidup dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti olahraga dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam studi baru yang dikutip dari LiveScience, Kamis (15/01), peneliti mengikuti sekitar 50.000 orang dewasa dan lanjut usia selama rata-rata tujuh tahun. Mereka menemukan bahwa orang dengan golongan darah selain O, michael kors ava kors ankle boots sembilan persen lebih mungkin meninggal selama studi untuk alasan yang berhubungan dengan kesehatan, dan 15 persen lebih mungkin meninggal akibat penyakit kardiovaskuler dibandingkan dengan orang-orang dengan golongan darah O.

“Sangat menarik bagi saya untuk mengetahui bahwa orang-orang dengan golongan darah tertentu, golongan darah non O, memiliki risiko lebih tinggi meninggal karena penyakit tertentu,” kata peneliti utama studi tersebut, Dr Arash Etemadi, yang juga seorang ahli epidemiologi di AS National Institutes of Health (NIH).

Para peneliti juga memeriksa apakah golongan darah seseorang dapat dikaitkan dengan risiko kanker lambung. Peneliti menemukan bahwa orang dengan golongan darah non O memiliki 55 persen peningkatan risiko kanker lambung dibandingkan dengan orang dengan golongan darah O, menurut penelitian, yang diterbitkan online dalam jurnal BMC Medicine. ugg outlet barstow brisbane

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah selain O mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Tapi itu masih kurang jelas apakah golongan darah ini terkait dengan harapan hidup.

Sekitar 11.000 orang dalam studi ini memberikan informasi tentang biokimia darah mereka, termasuk kadar kolesterol, kadar glukosa dan tekanan darah. Tapi hanya tertentu yang menonjol. Misalnya, orang dengan golongan darah A cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi dari kolesterol total dan kolesterol LDL, juga dikenal sebagai kolesterol “jahat”.

Ada kemungkinan bahwa kadar kolesterol yang lebih tinggi menjelaskan risiko kematian yang meningkat. Orang dengan golongan darah selain O juga memiliki kecenderungan meningkat dalam pembekuan darah, ugg outlet barstow brisbane dan pembekuan yang lebih tinggi ini bisa menyebabkan masalah jantung yang lebih parah.

Meski orang yang memiliki golongan darah selain mengalami peningkatan risiko, mereka tidak harus khawatir bahwa golongan darah mereka adalah faktor yang menentukan dalam kesehatan mereka.

Peneliti mengatakan bahwa golongan darah hanya mewakili satu faktor risiko sementara banyak faktor lainnya. Banyak orang di dunia ini yang memiliki golongan darah selain O juga terbebas dari penyakit jantung.

Untuk mencegah timbulnya penyakit kardiovaskuler atau jantung adalah menerapkan gaya hidup yang sehat. Yaitu melakukan olahraga teratur serta kebiasaan makan makanan yang sehat. (ctr)

BACA JUGA: Kurang Olahraga Lebih Mematikan Ketimbang Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes