risiko diabetes tipe 2

Golongan Darah Ternyata Menentukan Risiko Diabetes

Selain obesitas dan gaya hidup, golongan darah ternyata mempengaruhi risiko diabetes tipe 2, terlebih pada wanita. Golongan darah apa yang paling tinggi risikonya?

risiko diabetes tipe 2

Dikutip dari TimesofIndia, dibandingkan golongan darah O, wanita dengan golongan darah A, B, dan AB ternyata berisiko tinggi dengan diabetes tipe 2.

Studi ini peneliti menganalisa data lebih dari 80.000 wanita di Prancis antara tahun 1998 dan 2008. Hasilnya, dibanding dengan wanita golongan darah O, wanita dengan golongan darah A memiliki 10 persen lebih mungkin terkena diabetes tipe 2, golongan darah B sebesar 21 persen, dan golongan darah AB memiliki risiko 17 persen.

“Temuan kami mendukung kaitan yang kuat antara golongan darah dan risiko diabetes. Hasilnya, peserta dengan golongan darah O berisiko rendah terhadap diabetes tipe 2,” kata Guy Faghrazzi dari Centre for Research in Epidemiology and Population Health di Prancis.

Sementara itu, dibandingkan dengan golongan darah O, peningkatan risiko pengembangan diabetes tipe 2 ditemukan pada golongan darah B+ sebesat 35 persen, AB 26 persen, A- 22 persen, dan A+ 17 persen.

Peneliti mengatakan, ini merupakan studi pertama yang prospektif bahwa golongan darah tertentu terkait dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.(ctr)

BACA JUGA: Latihan Simple Ini Bisa Deteksi Risiko Stroke

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes