Hati-hati, Gym adalah Tempat Potensial Menularnya Penyakit

Semua pasti setuju kalau gym adalah tempat yang menyehatkan. Gym adalah tempat yang sehat untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh. Setidaknya itulah pendapat orang pada umumnya.

Gym adalah Tempat Potensial Menularnya Penyakit

Namun, pendapat berbeda justru disampaikan oleh seorang personal trainer dari India, Arnav Sarkar. Ia menganggap bahwa gym adalah tempat potensial bersarangnya kuman dan menularnya penyakit.

“Fasilitas umum seperti gym memungkinkan orang menggunakan berbagai peralatan bersama-sama. Jika tidak higienis, ini akan merugikan kesehatan,” terang Sarkar seperti dilansir Times of India.

Bekas keringat pada bar atau handle peralatan kebugaran yang ada di gym memungkinkan perpindahan kuman dari satu-orang ke orang lain. “Ketika orang tersebut mempunyai penyakit menular, bisa dipastikan orang yang menggunakan alat setelahnya berpotensi tertular, dan ini sangat merugikan,” tambah Sarkar.

Bagi Sarkar, membawa hand sanitiser adalah cara yang paling mudah untuk mencegah tertularnya penyakit akibat penggunaan fasilitas di gym. Mencuci tangan sebelum dan sesudah latihan juga wajib dilakukan.

Berikut ini tips untuk menjaga kebersihan di gym agar terbebas dari penyakit menular;

  1. Hindari berbagi produk perawatan dengan orang lain
  2. Selalu kenakan pakaian bersih saat nge-gym dan segera mencucinya setelah selesai
  3. Segera cuci tangan dan mandi setelah latihan
  4. Jika mengalami penyakit menular sebaiknya tidak datang ke gym untuk sementara waktu

Well, setidaknya jangan jadikan gym yang sehat menjadi tempat bersarangnya kuman dan penyakit menular. Kesadaran dan etika dari member gym adalah yang utama. So, mari kita jadikan gym menjadi tempat yang benar-benar bersih dan sehat. (dan)

BACA JUGA : Pelanggaran Etika yang Bikin Orang ‘Ogah’ Nge-Gym

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes