Hati-hati, Kebiasan Minum Alkohol Bisa Menurun ke Anak Lho!

Penelitian di Inggris memperingatkan bahwa wanita yang peminum alkohol berat cenderung bisa menurunkan kebiasaan buruknya itu kepada anaknya saat remaja kelak.

Menurut hasil penelitian oleh organisasi Demos, sebanyak 2,5 juta anak-anak, 20 persen dari total, hidup dengan orang tua yang peminum alkohol berat.

Demos memeriksa hasil survei terhadap 17.000 orang dewasa di usia 30-an. Mereka ditanyai seberapa sering ibu dan ayah mereka minum ketika mereka berusia 16 tahun.

Para partisipan yang ibunya ‘selalu’ minum ditemukan 1,7 kali lebih mungkin mengakui bahwa mereka kini juga menjadi peminum berat. Peminum berat ini didefinisikan sebagai seseorang yang melebihi tingkat minum aman dari 21 gelas untuk pria atau 14 gelas untuk wanita dalam seminggu.

Demos juga menyatakan bahwa seperlima dari anak-anak, termasuk 90.000 bayi, hidup dalam keluarga di mana setidaknya satu orang tua peminum berat.

Jonathan Birdwell, yang memimpin penelitian, mengatakan: “Pemerintah harus fokus untuk memastikan bahwa orang tua yang menyalahgunakan alkohol harus diberi dukungan untuk menjadi orangtua yang efektif. Ini adalah pendekatan yang terbaik untuk meminimalkan kerugian pada anak-anak dan memastikan bahwa siklus konsumsi berlebihan bisa berkurang”. (jay)

BACA JUGA: Kacang Tanah Tak Kalah Pamor dari Kacang Almond

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes