Hati-hati! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Stroke

Bagi orang-orang berusia paruh baya atau lebih tua yang tidur kurang dari enam jam setiap malam kemungkinan besar bisa meningkatkan risiko stroke.

Hal itu terungkap lewat sebuah hasil penelitian terbaru yang dikutip Healthday, Selasa (12/6). Tak tanggung-tanggung, risiko stroke ini meningkat sebanyak empat kali lipat di antara orang berbobot normal yang tidak menderita gangguan tidur sulit bernapas atau sleep apnea.

“Tidur itu sangat penting,” kata pemimpin peneliti Megan Ruiter, postdoctoral fellow di University of Alabama, Birmingham’s School of Medicine. “Memang ada bukti bahwa kurang tidur meningkatkan segala macam respon abnormal dalam tubuh,” tambahnya.

Kurang tidur juga meningkatkan peradangan dan menyebabkan peningkatan tekanan darah serta pelepasan hormon tertentu. Semua itu menimbulkan respon stres yang lebih besar sehingga meningkatkan risiko stroke.

Dalam penelitian ini, Ruiter dan rekan-rekannya mengumpulkan data dari lebih dari 5.600 orang. Setelah tiga tahun mengolah data, para peneliti menemukan bahwa kurang tidur dari enam jam setiap malam terkait peningkatan risiko stroke.

Hasil penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies di Boston, Amerika Serikat, Senin lalu. Jadi, bagi yang doyan begadang sebaiknya mulai tidur cukup dari sekarang. (jay)

BACA JUGA : Sudah Siapkah Anda Berdiet?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes