Hati-hati, Lewatkan Sarapan Bisa Picu Gangguan Jantung

Sarapan pagi. Kebiasaan sepele ini ternyata berdampak cukup signifikan bagi kesehatan jika ditinggalkan. baru-baru ini sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa seseorang yang meinggalkan kebiasaan sarapan berpotensi besar mengalami gangguan jantung.

Hati-hati,-Lewatkan-Sarapan-Bisa-Picu-Gangguan-Jantung

Hasil ini didapat setelah para peneliti mengamati lebih dari 20 ribu orang pria berusia 45-82 tahun. Mereka yang tidak membiasakan sarapan di pagi hari menempatkan tubuhnya dalam ‘stres ekstra’ sehingga mempengaruhi kinerja jantung.

Seperti dikutip BBC, ketua studi sekaligus peneliti post-doktoral di Harvard School of Public Health, Leah Cahill mengatakan, “Melewatkan sarapan bisa menyebabkan satu atau lebih risiko kesehatan, termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes, yang pada gilirannya sering dapat menyebabkan serangan jantung.”

The British Heart Foundation juga memberikan pesan senada. Mereka mengatakan bahwa sarapan di pagi hari dapat membantu seseorang menolak makanan ringan bergula tinggi sebelum makan siang, sehingga risiko terkena diabetes lebih kecil.

Sereal adalah menu sarapan yang sehat karena bersifat mengenyangkan serta lebih lambat diserap, sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

“Pesannya adalah makanlah di pagi hari, paling lambat satu jam setelah anda terbangun,” tambah Dr Leah Cahill. (dan)

BACA JUGA : Minuman Menyegarkan Ini Ternyata Bisa Merusak Ginjal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes