Hati-hati! Painkiller Bisa Picu Hipertensi

Hati-hati dengan obat penghilang rasa sakit atau yang dikenal painkiller! Menurut penelitian terbaru, obat-obatan jenis ini bisa meningkatkan tekanan darah (Blood Pressure), bahkan bisa terjadi tanpa sepengetahuan dokter Anda.

Ehud Grossman, profesor kedokteran di Tel Aviv University’s Sackler Faculty of Medicine, Israel, mengatakan, banyak obat-obatan ini yang mendasari penyebab penyakit hipertensi, yang kemudian menjadi faktor risiko utama untuk stroke, serangan jantung, dam ameurisms.

Seperti dikutip dari jurnal American Journal of Medicine, obat-obatan tersebut termasuk pil kontrasepsi, berbagai pil anti-depresi, pil anti-inflamasi yang bisa mengontrol rasa sakit dan antibiotik bakteri.

Meski tingginya tekanan darah sudah dikenal sebagai efek samping obat-obatan ini, para dokter kadang tidak selalu memperhitungkan berapa banyak konsumsi dalam daftar-daftar obat pasien. Dan, para dokter juga tidak selalu memberitahu pasien mengenai risiko potensi dari obat-obatan tersebut.

Selain bisa menyebabkan hipertensi, baik pasien dan dokter tetap berbahaya jika kurang informasi mengenai hal ini. “Dalam mendiagnosis penyebab hipertensi, obat-obatan seperti ibuprofen sering diabaikan,” kata Grossman.

Pasien sering menganggap bahwa obat-obatan ini relatif tidak berbahaya karena dapat diperoleh tanpa resep. Jadi, waspadalah! (jay)

BACA JUGA : 5 Latihan untuk Dapatkan Pinggang Menawan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes