Hati-Hati, Pakai Pemutih Wajah bisa Picu Kanker hingga Kebutaan

Paparan sinar matahari yang menyengat kerap membuat warna kulit terlihat lebih gelap. Hal Inilah yang kemudian menjadikan banyak wanita (bahkan pria) berbondong-bondong menggunakan berbagai produk pemutih wajah untuk menjaga penampilan mereka.

Hati-Hati,-Pakai-Pemutih-Wajah-bisa-Picu-Kanker-hingga-Kebutaan

Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan pemutih wajah sembarangan dapat memicu kanker hingga kebutaan?

Dr Jinda Rojjanamethin, selaku direktur pelaksana Public Health Ministry’s Institute of Dermatology menyatakan, “Pil, cairan, dan kosmetik yang dikatakan bisa memutihkan kulit biasanya mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) dalam jumlah tinggi. Padahal, idealnya, jumlah AHA harus ditentukan oleh kualifikasi dermatologis,” seperti dikutip thaivisa.

Seseorang yang menggunakan produk pemutih wajah tanpa mendapatkan pengawasan dari dokter dapat mengalami sensasi terbakar, pengelupasan kulit, peradangan hingga sensitif terhadap sinar matahari. Bahkan jika digunakan dalam kurun waktu tertentu dapat mengakibatkan kanker kulit hingga kebutaan, jika digunakan terlalu dekat dengan mata.

“Orang yang ingin memutihkan kulit mereka harus pergi ke dokter kulit yang berkualitas dan mereka akan meresepkan salep berlisensi atau lotion yang mengandung jumlah AHA yang aman serta tidak membahayakan kulit,” tambah Dr Jindra.

Dokter kulit akan merekomendasikan batas aman penggunaan krim pemutih serta menentukan produk mana yang sesuai dengan karakter kulit seseorang.

Agar lebih aman, Anda juga wajib memastikan bahwa produk pemutih wajah yang Anda gunakan telah mendapatkan perijinan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). (dan)

BACA JUGA : Sering Melamun Picu Insomnia?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes