Hati-hati, Sering Pakai Earphone Bisa Bikin Tuli!

Dalam rangka perayaan International Week of the Deaf yang jatuh pada 24-30 September, organisasi dunia World Federation of the Deaf (WDF) kembali mengingatkan kita semua agar waspada dari bahaya penggunaan earphone atau headphone.

Pemandangan orang-orang, termasuk anak-anak, yang menggunakan earphone untuk mendengarkan musik dari iPod atau ponsel memang sudah biasa di era teknologi yang semakin canggih saat ini.

Menurut para ahli, paparan langsung terhadap suara ber-desibel tinggi bisa sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang progresif. Gangguan pendengaran ini mungkin bisa terjadi dalam beberapa tahun kedepan seiring berjalannya waktu.

“Mendengarkan musik keras selama jangka waktu yang panjang melalui ponsel atau iPod bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Ini adalah masalah serius karena hal ini bersifat progresif dan efeknya mungkin terjadi dalam beberapa tahun kedepan sebelum Anda menyadarinya,” kata Manuj Agarwal, audiolog senior Amplifon India, sebuah perusahaan alat bantu dengar.

“Selain itu, orang juga bisa beradaptasi dengan gangguan ini selama periode waktu, sehingga Anda tidak segera menyadari akan gangguan ini, hingga terasa dengan sendirinya,” tambahnya.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes