Hati-hati, Stres pada Pria Pengaruhi Sperma dan Kesehatan Otak Anak

Studi baru menemukan, stres yang dialami pria dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sperma dan bahkan dapat memengaruhi kesehatan otak anak-anaknya.

Para peneliti pun mengungkapkan, pengaruh dari faktor kecemasan atau depresi pada orang dewasa, remaja, atau bahkan seorang anak bisa juga disebabkan oleh perubahan genetik yang terdapat pada sperma ayahnya.

Hati-hati, Stres pada Pria Pengaruhi Sperma dan Kesehatan Otak Anak

Para ilmuwan melakukan studi ini terhadap tikus dan menemukan bahwa kerusakan sperma pada tikus jantan disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi sehingga memengaruhi kesehatan mental keturunannya.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Tracy L Bale dari University of Pennsylvania ini telah diterbitkan dalam Journal of Neuroscience yang mengungkapkan bahwa tingkat stres pada tikus jantan mendorong perubahan genetik dalam sperma mereka dan kembali diprogram oleh keturanannya. Para peneliti berpendapat bahwa keturunan dari tikus jantan yang stres menunjukkan peningkatan hormon Corticosterone (CORT) (pada manusia disebut homon kortisol) yang signifikan saat merespon stres.

Para peneliti dari University of Pennsylvania School of Medicine mengatakan, ini adalah pertama kalinya ditemukan penyakit yang terkait dengan stres dari seorang ayah kepada anaknya. Studi sebelumnya hanya berkonsentrasi pada faktor lingkungan, penggunaan nakoba, dan stres yang dialami ibu selama kehamilan yang terbukti juga dapat memengaruhi perkembangan syaraf anak dan meningkatkan risiko penyakit tertentu.

Profesor Tracy L Bale mengatakan, “Temuan ini menunjukkan dimana seorang ayah yang stres ternyata berhubungan dengan penyakit neuropsikiatri pada anaknya.”

Namun para peneliti juga mengungkapkan bahwa respon stres pada anak mungkin juga dipengaruhi oleh lingkungannya.

“Apakah reaktivitas stres itu berkurang pada keturunannya, cenderung tergantung pada lingkungan dimana mereka lahir serta faktor latar belakang genetik,” tambah Prof. Tracy L Bale seperti yang dikutip dari dailymail.co.uk baru-baru ini.

So guys, hindari stres yang sangat merugikan ini dengan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga dan diet yang sehat ya! (boy)

BACA JUGA : Catat! Merokok Sebenarnya Tak Bisa Redakan Stres

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes