Hindari Influenza dengan Tidak Menyentuh Wajah

Para peneliti menyatakan bahwa secara langsung kita telah memasukkan bakteri dan virus penyebab influenza ke dalam tubuh, dengan menyentuh di area mulut dan hidung.

Menurut tim penelitian dari National Institutes of Health Maryland, AS, hanya sedikit masyarakat yang sadar bahwa menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci akan menyebabkan mereka jatuh sakit.

“Ada banyak cara untuk tangan terkena kontaminasi, meski Anda sudah mencucinya,” ujar ketua penelitian, Dr. Wladimir Alonso, seperti dikutip dari Antaranews.com.

“Bila virus yang menyerang saluran pernapasan ada di sekitar Anda, maka virus ini harus diperhitungkan,” ujarnya.

Alonso dan rekan penelitinya secara acak melakukan penelitian terhadap 249 partisipan yang berasal dari Washington DC dan di Florianopolis, Brazil.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang seringkali menyentuh benda-benda di sekitar mereka setidaknya 3,3 kali dalam waktu satu jam. Dalam kurun waktu itu, mereka menyentuh wajah mereka hingga 3,6 kali.

Dengan begitu, kuman yang terdapat di berbagai benda akan lebih cepat menempel di tangan dan berkembang biak lebih cepat, sebelum sempat membersihkan tangan.

Saat wabah influenza menyerang, orang-orang harus lebih memperhatikan untuk tidak menyentuh wajah mereka, meskipun telah mencuci tangan berkali-kali.

Alonso menambahkan, meski penting untuk meningkatkan kewaspadaan, namun masalah ini tidak perlu dilebih-lebihkan. Sistem imunitas tubuh yang baik mampu memberikan proteksi untuk melawan penyakit. (jay)

BACA JUGA : Jangan Simpan Makanan ini Di Kulkas!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes