Hindari Lari Pagi Usai Sahur!

Selain menyegarkan, olahraga lari pagi seusai sahur memang menjadi favorit sebagian orang. Namun, apakah Anda tahu bahwa olahraga seusai sahur sebaiknya dihindari?

Menurut pakar gizi dari Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Dr. dr. Fiastuti Witjaksono SpGK., MSc., aktivitas fisik seperti ini sebaiknya harus dihindari seusai sahur, karena dapat memicu dehidrasi saat menjalani ibadah puasa.

Fiastuti menjelaskan, risiko dehidrasi terjadi karena jarak waktu kegiatan makan dan minum sejak sahur hingga buka puasa yang cukup lama. Ia juga mengemukakan, olahraga lari pagi sebaiknya dilakukan pada saat menjelang waktu berbuka puasa atau seusai berbuka.

“Tulang yang berbenturan serta napas yang terengah-engah, memicu pengeluaran keringat lebih banyak. Sementara itu, tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh hingga waktu berbuka, inilah pemicu dehidrasi,” ungkap Fiastuti seperti dikutip Antaranews.com.

Untuk pengganti olahraga lari pagi, Fiastuti menganjurkan olah raga jalan pagi sebagai alternatif. “Selain bagus untuk kebugaran tubuh, jalan pagi juga baik untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat,” tutup Fiastuti. (jay)

BACA JUGA : Teh dan Kopi Sebabkan Tubuh Kurang Kalsium?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes