Hindari Mata Rusak Akibat Gadget dengan Cara Ini!

Melihat layar komputer, tablet atau smartphone selama berjam-jam bisa merusak penglihatan Anda, menurut para ahli, yang juga mengusulkan beberapa tips untuk mencegahnya berikut ini.

Menurut laporan News.com.au, penelitian terbaru oleh Body+Soul  dan OPSM telah menemukan hampir 60 persen warga Australia menghabiskan waktu sampai 8 jam sehari melihat sebuah layar gadget atau komputer.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu menggunakan komputer, penggunaan pencahayaan redup dapat membantu meminimalkan kelelahan mata. Untuk melindungi dari hal ini, para ahli telah menyarankan untuk menggunakan lampu redup. Serta, letakan komputer dengan benar dengan cara jangan sampai terkena cahaya jendela langsung di depan atau di belakangnya.

Sebuah penelitian dari SUNY State College of Optometry di New York menemukan bahwa pengguna smartphone memegang perangkatnya lebih dekat ke wajah dibandingkan saat memegang sebuah buku, sehingga hal ini memaksa mata untuk bekerja lebih keras.

Sebagai solusi untuk masalah ini, pengguna smartphone disarankan untuk meminimalkan ketegangan dengan menggunakan font yang mudah dibaca, seperti Verdana 12-point, pada semua gadget.

Menghabiskan lebih dari 2 jam sehari di tablet juga bisa menempatkan tekanan pada leher, bahu, lengan dan tangan, sehingga para ahli menyarankan agar menggunakan komputer desktop untuk bekerja.

Lampu terang dan gerakan tajam dalam video game juga memaksa mata Anda untuk fokus dan kembali fokus terus-menerus, yang menyebabkan kelelahan mata.

“Untuk menghindari kerusakan mata, Anda juga bisa melakukan hal-hal ini, seperti: berpalinglah selama 10 detik setiap 10 menit, gunakan layar anti-silau, sering berkedip dan posisikan layar Anda di bawah tingkat mata,” tutup para ahli. (jay)

BACA JUGA : Inilah 5 Manfaat Kesehatan dari Lidah Buaya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes