Idap Kanker Usus, Desainer Ramli Meninggal Dunia

Kabar duka hari ini datang dari dunia fashion tanah air. Desainer ternama Indonesia, Ramli, dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (23/11), pagi ini.

Idap kanker Usus, Desainer Ramli Meninggal Dunia

Seperti yang diberitakan di berbagai media online, Ramli menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 07:00 WIB di RS Gading Pluit, Jakarta.

Desainer yang selalu menampilkan karya-karyanya dengan nuansa Indonesia seperti bordir dan batik tersebut sudah menderita kanker usus sejak 2009 lalu dan divonis stadium empat.

Ramli sudah berkiprah di dunia fashion Indonesia selama lebih dari 36 tahun. Bahkan pada 2011 lalu, desainer bernama lengkap Ramli Sarwi Gozali Kartowidjojo ini pernah menggelar peragaan busana tunggal yang bertajuk “Ramli, 36 Tahun Berkarya.”

Apa itu kanker usus?

Kanker usus atau yang dikenal sebagai kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau anus (rektum). Kanker kolorektal bisa menjadi penghalang dalam usus besar dengan beberapa gejala, seperti kesakitan, sembelit, sulit buang air besar, dan rasa kembung di perut.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari riwayat keluarga, kanker ovarium, kanker payudara, kanker uterus, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok, obesitas, usia, hingga polip pada kolon (khususnya polip adenomatosa ataupun pernah memiliki polip di usus dan mengidap penyakit kolitis atau radang kolon ulseratif yang tidak diobati).

Sedangkan penyebab terbesar kanker kolorektal adalah pola makan. Pola makan masyarakat modern yang kurang serat (sayuran dan buah), dan cenderung suka mengonsumsi daging merah, menjadi pemicu gen di dalam tubuh berubah menjadi kanker.

Untuk mencegah tubuh dari risiko kanker kolorektal, ada baiknya tubuh mendapatkan asupan yang benar, sehat, dan tepat. Asupan serat, vitamin D, kalsium, dan konsumsi teh hijau secukupnya, harus diperhatikan benar dalam pola makan sehari-hari. Selain itu, cobalah untuk mengurangi asupan makanan yang meningkatkan risiko kanker, seperti alkohol, garam, gula, daging merah, serta makanan berpengawet.

Menurut data WHO, diperkirakan 700.000 orang meninggal di seluruh dunia setiap tahun karena kanker kolorektal. Ini berarti sekitar 2.000 orang meninggal setiap harinya. (jay)

BACA JUGA: Banyak Konsumsi Karbohidrat Berisiko Kanker Usus?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes