Iklan Rokok di TV Bikin Anda Sulit Berhenti Merokok

Indonesia memiliki kebijakan yang selangkah lebih maju ketimbang pemerintah Amerika Serikat dalam mengatur penayangan iklan rokok.

iklan-rokok

Iklan rokok yang benar-benar menunjukkan bentuk rokok dan kemasannya telah dilarang Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sejak beberapa tahun silam. Sedangkan di Amerika belum ada kebijakan seperti ini.

Padahal para ahli meyakini bahwa ada hubungan yang kuat antara penayangan bentuk rokok di TV dengan kebiasaan merokok.

Patrick E. Jamieson dari Annenberg Public Policy Center, University of Pennsylvania, Philadelphia, melakukan penelitian antara hubungan visualisasi rokok di televisi dan pengaruhnya pada kebiasaan merokok seseorang. nfl jerseys all teams alibaba

Hasilnya, per tiap 1 gambar rokok di TV, setiap perokok dewasa mengonsumsi dua bungkus rokok lebih banyak tiap tahunnya. Berdasarkan hal ini, Patrick beranggapan bahwa iklan rokok di TV lah yang mempengaruhi jumlah rokok yang dikonsumsi masyarakat, bukan sebaliknya.

“Secara global jumlah perokok memang mengalami penurunan. Akan tetapi intensitas iklan rokok yang dilihat setiap hari di televisi menjadi pengaruh terbesar kebiasaan merokok di masyarakat,” terang Patrick seperti dilansir Reuters. michael kors abbey backpack access review

Seorang perokok yang sudah berhenti mempunyai risiko merokok kembali jika melihat orang lain merokok, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pakar kesehatan pernapasan dari The Queen ELizabeth Hospital, Adelaide, Australia, Kristin Carson, mengatakan bahwa melihat satu batang rokok saja dapat membuat seorang perokok yang sudah berhenti untuk kembali merokok.

“Visual yang disaksikan oleh mata adalah pemicu yang ampuh. Melihat bentuk rokok atau mencium aromanya saja dapat membuat seseorang yang sudah berhenti merokok akan tergoda mengisapnya kembali. nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress Inilah sebabnya menjauh dari segala visualisasi rokok akan menjadi langkah yang bijak,” tambah Carson. (dan)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes