iKnife, Pisau Canggih Pendeteksi Sel Kanker

Jika selama ini Anda mengenal iPhone sebagai ponsel tercanggih yang pernah ada. Kini, dunia kesehatan pun tak mau kalah mengeluarkan inovasi terbarunya.

iKnife,-Pisau-Canggih-Pendeteksi-Sel-Kanker

Baru-baru ini sebuah tim medis dari Imperial College London menemukan alat revolusioner berupa pisau kecil yang dibekali dengan teknologi mutakhir untuk mengidentifikasi jaringan kanker.Pisau canggih tersebut diberi julukan “iKnife”.

Pisau ini nantinya akan digunakan untuk mendeteksi sel kanker yang tersisa pasca operasi pengangkatan sel induk kanker. Sifat kanker yang cenderung menyebar terkadang sulit dilacak, sehingga diperlukan berkali-kali operasi untuk mengangkat sel-sel kanker tersebut.

Cara kerja iKnife adalah dengan menggunakan energi panas untuk memotong jaringan kanker yang diangkat. iKnife tidak bekerja secara mandiri, karena masih dibutuhkan bantuan alat lain yang disebut spketrometer massa agar proses pemotongan sel kanker berlangsung akurat.

Dr. Zoltan Takats, selaku salah satu penemu iKnife menyatakan, “ Hasil ini memberikan bukti mencengangkan bahwa iKnife dapat diaplikasikan dalam prosedur operasi kanker yang luas. Pisau itu memberikan hasil yang hampir instan, dan memungkinkan ahli bedah untuk melanjutkan prosedur dengan tingkat akurasi yang sebelumnya tidak mungkin,” seperti dikutip BBCnews. (dan)

BACA JUGA : Tak Hanya Merokok, Suara Bising Juga Ancam Kesehatan Jantung

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes