Ilmuwan Australia Juga Temukan Obat Potensial Pelawan AIDS

Para ilmuwan di Queensland Institute of Medical Research, Australia, telah mengklaim berhasil membuat terobosan baru yang bisa mengarah pada obat potensial untuk AIDS.

Ilmuwan Australia Juga Temukan Obat Potensial Pelawan AIDS 2

Menurut seorang ilmuwan, David Harrich, tim penelitinya sudah menemukan cara untuk memodifikasi sebuah protein dalam HIV sehingga mampu melindungi terhadap infeksi.

Seperti dikutip Zeenews.com, Harrich mengatakan: “Ini seperti memadamkan api dengan api. Apa yang kita lakukan ini dengan cara mengambil protein virus normal yang dibutuhkan virus untuk berkembang, dan kita sudah mengubah protein ini, sehingga bukannya membantu virus, tetapi menghambat replikasi virus dan sudah cukup kuat.”

Harrich menambahkan, protein yang dimodifikasi ini memang tidak bisa menyembuhkan HIV, tetapi berhasil melindungi sel-sel manusia dari virus AIDS di laboratorium.

“Terapi ini berpotensi sebagai obat untuk AIDS. Jadi, ini bukan obat untuk infeksi HIV, tetapi berpotensi untuk mengakhiri penyakit tersebut,” katanya.

Lebih dari 30.000 orang telah didiagnosa dengan HIV di Australia. Jika uji klinis obat ini sukses, pengobatan ini bisa cukup efektif untuk menggantikan beberapa terapi yang mereka butuhkan.

“Jadi dalam hal ini, temuan ini adalah agen pertama di dunia yang mampu menghentikan HIV dengan agen tunggal yang memiliki beberapa langkah dari siklus hidup virus.”

Lebih lanjut, Harrich mengatakan bahwa pengobatan baru ini memiliki potensi untuk melakukan perbaikan besar dalam kualitas hidup bagi mereka yang menderita HIV.

“Untuk penyembuhan, Anda harus menghilangkan infeksi virus atau alternatifnya, Anda harus menghilangkan proses penyakit. Dan, temuan inilah yang mampu melakukannya, serta berpotensi untuk waktu yang sangat lama. Percobaan pada hewan dijadwalkan akan mulai tahun ini dan indikasi awal sudah positif,” tutup Harrich.

Sebelumnya, Pihak University of Benin (UNIBEN), Benin City, Nigeria, pada Selasa (8/1) juga mengumumkan penemuan obat herbal terbaru yang diklaim dapat mengalahkan HIV/AIDS (Universitas di Nigeria Temukan Obat HIV/AIDS Baru).

BACA JUGA: Rata-rata, Batuk Menyerang Manusia Selama 18 Hari!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes